Record Details

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE ROLE PLAYING DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR

MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2620-8997
2620-9004
 
Authentication Code dc
 
Title Statement PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE ROLE PLAYING DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR
 
Personal Name Susanti, Nila Dwi
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Attanwir Bojonegoro
 
Summary, etc. Kegiatan belajar mengajar adalah sebuah interaksi yang bernilai pendidikan. Didalamnya terjadi interaksi edukatif antara guru dan anak didik, ketika guru menyampaikan bahan pelajaran kepada anak didik di kelas. Bahan pelajaran yang guru berikan itu akan kurang memberikan dorongan (motivasi) kepada anak didik bila penyampainya menggunakan strategi yang tidak tepat. Proses pembelajaran di kelas agaknya terlalu kaku dan kurang menyenangkan, hal ini juga membuat pelajaran kurang berarti, karena penguasaan atas banyaknya materi belum tentu menjamin pemahaman pada materi yang mereka kuasai motivasi siswa dalam pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dan merupakan dasar siswa untuk mencapai kompetensi pembelajaran yang di harapkan. Tujuan penelitian ini adalah membantu siswa menemukan jati diri mereka. Artinya dengan menggunakan metode Role Playing di harapkan bias memotivasi belajar siswa pada materi yang di berikan terutama dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Model Kurl Lewin dengan 2 (dua) siklus.Teknik data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil analisis data setelah penerapan metode pembelajaran Role Playing menunjukkan semangat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas  III berjalan dengan efektif. Hal ini terlihat dari peningkatan motivasi belajar siswa pada setiap tindakan.
 
Publication, Distribution, Etc. Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/2611
 
Data Source Entry MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 4 No 2 (2021): July 2021
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##