PENINGKATAN KARAKTER SISWA KELAS IV MELALUI PEMBIASAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MI TARBIYATUL BANAT SIMO KARANGGENENG LAMONGAN
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2620-8997 2620-9004 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
PENINGKATAN KARAKTER SISWA KELAS IV MELALUI PEMBIASAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MI TARBIYATUL BANAT SIMO KARANGGENENG LAMONGAN |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Handayani, Adhita Dwi Ali, Fitri Isnaini Putri Afifah, Vivi Nur Universitas Islam Darul Ulum Lamongan |
|
Summary, etc. |
Abstrak
Seiring dengan berkembangnya zaman yang modern ini moral atau etika yang dimiliki anak-anak sekarang semakin luntur atau mengalami krisis moral, dimana kebanyakan dari mereka sudah tidak memperdulikan lagi tata krama yang seharusnya di jaga atau dipatuhi. Dalam hal ini pendidikan karakter diperlukan dalam menanamkan nilai-nilai moral yang baik bagi peserta didik, serta pembiasaan-pembiasaan yang ditanamkan di sekolah dapat membentuk karakter siswa. Seperti halnya pembiasaan datang ke sekolah tepat waktu, mengikuti baris-berbaris, berdoa sebelum belajar, mengucapkan salam dengan guru, membantu teman yang mengalami kesusahan , mengikuti kegiatan membaca al-qur’an bersama, menjalankan jadwal piket, dan melaksanakan sholat berjamaah. Metode penelitian yang digunakan untuk mengkaji peningkatan karakter siswa di MITA Banat melalui pembiasaan pendidikan karakter ini adalah yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang mana datanya berupa kata-kata atau pernyataan-pernyataan. Hasil dari penelitian ini terbagi menjadi dua siklus dimana dari kedua siklus tersebut terdapat perubahan perilaku siswa dengan bembiasaan yang dilakukan di sekolah. Hasil dari siklus pertama pembiasaan di sekolah sudah terlaksana sebesar (80%), kadang-kadang terlaksana sebesar (15%) dan tidak melaksanakan sebesar (5%), untuk pada siklus kedua mengalami peningkatan yaitu pembiasan di sekolah sudah terlaksana sebesar (93%), dan terlakasana namun belum maksimal sebanyak (7%). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembiasaan dapat meningkatkan perilaku siswa yang berpendidikan karakter.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/2609 |
|
Data Source Entry |
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 4 No 2 (2021): July 2021 |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|