Record Details

PENINGKATAN KARAKTER SISWA KELAS IV MELALUI PEMBIASAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MI TARBIYATUL BANAT SIMO KARANGGENENG LAMONGAN

MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2620-8997
2620-9004
 
Authentication Code dc
 
Title Statement PENINGKATAN KARAKTER SISWA KELAS IV MELALUI PEMBIASAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MI TARBIYATUL BANAT SIMO KARANGGENENG LAMONGAN
 
Added Entry - Uncontrolled Name Handayani, Adhita Dwi
Ali, Fitri Isnaini Putri
Afifah, Vivi Nur
Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
 
Summary, etc. Abstrak Seiring dengan berkembangnya zaman yang modern ini moral atau etika yang dimiliki anak-anak sekarang semakin luntur atau mengalami krisis moral, dimana kebanyakan dari mereka sudah tidak memperdulikan lagi tata krama yang seharusnya di jaga atau dipatuhi. Dalam hal ini pendidikan karakter diperlukan dalam menanamkan nilai-nilai moral yang baik bagi peserta didik, serta pembiasaan-pembiasaan yang ditanamkan di sekolah dapat membentuk karakter siswa. Seperti halnya pembiasaan datang ke sekolah tepat waktu, mengikuti baris-berbaris, berdoa sebelum belajar, mengucapkan salam dengan guru,   membantu teman yang mengalami kesusahan , mengikuti kegiatan membaca al-qur’an bersama, menjalankan jadwal piket, dan melaksanakan sholat berjamaah. Metode penelitian yang digunakan untuk mengkaji peningkatan karakter siswa di MITA Banat melalui pembiasaan pendidikan karakter ini adalah yaitu menggunakan  pendekatan  kualitatif  dengan  metode  deskriptif  yang  mana  datanya berupa kata-kata atau pernyataan-pernyataan. Hasil dari penelitian ini terbagi menjadi dua siklus dimana dari kedua siklus tersebut terdapat perubahan perilaku siswa dengan bembiasaan yang dilakukan di sekolah. Hasil dari siklus pertama pembiasaan di sekolah sudah terlaksana sebesar (80%), kadang-kadang terlaksana sebesar (15%) dan tidak melaksanakan sebesar (5%), untuk pada siklus kedua mengalami peningkatan  yaitu pembiasan di sekolah sudah terlaksana sebesar (93%), dan terlakasana namun belum maksimal sebanyak (7%). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembiasaan dapat meningkatkan perilaku siswa yang berpendidikan karakter.
 
Publication, Distribution, Etc. Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/2609
 
Data Source Entry MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 4 No 2 (2021): July 2021
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##