Record Details

PEMBELAJARAN TAHFIDZ DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KLASIKAL DI SEKOLAH SUNAH SD BANDUNG ISLAMIC SCHOOL

MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2620-8997
2620-9004
 
Authentication Code dc
 
Title Statement PEMBELAJARAN TAHFIDZ DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KLASIKAL DI SEKOLAH SUNAH SD BANDUNG ISLAMIC SCHOOL
 
Personal Name yogasunandar, yogasunandar
universitas islam negri sunan gunung djati bandung
 
Summary, etc. ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi karna banyak sekolah swasta berbasis islam yang mempunyai perogram unggulan seperti tahfidz akan tetepi pada masa pandemi seperti itu pembelajaran tahfidz menjadi tidak efektif, kemudian banyak para penghafal Al-Qur’an yang hanya memfokuskan banyak hafalanya ketimbang pemahaman terhadap Al-Qur’an itu sendiri, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran tahfidz, mengetahui pemahaman peserta didik, mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat didalam pembelajaran tahfidz,solusi untuk mengatasi hambatan- hambatan didalam pembelajaran tahfidz,kemudian untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran tahfidz di SD Banung Islamic School dengan menggunakan metode klasikal. Metode klasikal merupakan metode yang sering digunakan para tenaga kependidikan baik pada peserta didik SD,SMP,SMA bahkan kuliah, dikarnakan lebih efektif. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriftif dimana peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian untuk uji keabsahan data dalam penelitian menggunakan triangulasi sumber Simpulan pada penelitian ini yaitu :1).peroses pembelajaran tahfidz yang ada disekolah ini dilakukan setiap hari dalam seminggu, yaitu pada hari senin sampai hari jum’at,2). Pemahaman peserta didik di SD BISc ini mempunyai target untuk menghafal sebanyak empat juz. 3).Faktor penghambat dan pendukung diantaranya seperti minat, bakat dan motivasi peserta didik serta dorongan orang tua, ustdz dan sekolah. 4). Solusi untuk mengatasi dengan dilakukan koordinasi terlebih dahulu antara pihak sekolah dengan ustadz dan ustdzah yang mengajar pembelajaran tahfidz, 5). Keberhasilan peserta didik di SD BISc ini sudah mencapai target karna banyak peserta didik yang sudah hafal 4 juz dimulai juz 30,29,28,27 dan surah Al-kahfi menjadi surah wajib yang di hafalkan. kata kunci : Pembelajaran tahfidz, metode klasikal, keberhasilan
 
Publication, Distribution, Etc. Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/2503
 
Data Source Entry MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 4 No 2 (2021): July 2021
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##