Record Details

PENERAPAN STRATEGI DICTOGLOS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI PERISTIWA SEJARAH

MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2620-8997
2620-9004
 
Authentication Code dc
 
Title Statement PENERAPAN STRATEGI DICTOGLOS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI PERISTIWA SEJARAH
 
Personal Name Handayani, Adhita Dwi
UNISDA LAMONGAN
 
Summary, etc. Abstrak : Latar belakang penelitian ini berawal dari sebuah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang mengajar di kelas tinggi. Dalam proses pembelajarannya tersebut guru jarang menggunakan media pembelajaran dan strategi pembelajaran yang unik untuk menunjang proses pembelajarannya. Cara yang digunakan guru dalam proses pembelajaran adalah dengan metode ceramah saja, sehingga cara guru mengajar membuat siswa mengalami kebosanan, bicara sendiri, mengantuk, bercerita dengan teman sebangkunya, dan siswa tidak tertarik dengan pembelajaran tersebut. Apalagi mata pembelajaran pada saat itu adalah tentang sejarah Indonesia. Pada akhirnya banyak siswa yang tidak dapat menerima konsep pembelajaran pada hari itu. Sedangkan dalam kurikulum 2013 siswa dituntut untuk berfikir kreatif, aktif dan produktif serta siswa terlibat langsung dengan proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan penurunan siswa dalam pemahaman akan materi tentang sejarah, maka perlu adanya pemecahan masalah yaitu penggunaan strategi dictoglos. Tujuan peneliti ini untuk mengkaji aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan strategi dictoglos. Dengan menggunakan strategi dictoglos siswa lebih senang dan antusias dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas.
 
Publication, Distribution, Etc. Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/1838
 
Data Source Entry MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 3 No 1 (2020): Januari 2020
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##