PENERAPAN STRATEGI DICTOGLOS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI PERISTIWA SEJARAH
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2620-8997 2620-9004 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
PENERAPAN STRATEGI DICTOGLOS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI PERISTIWA SEJARAH |
|
Personal Name |
Handayani, Adhita Dwi UNISDA LAMONGAN |
|
Summary, etc. |
Abstrak : Latar belakang penelitian ini berawal dari sebuah proses pembelajaran
yang dilakukan oleh guru yang mengajar di kelas tinggi. Dalam proses
pembelajarannya tersebut guru jarang menggunakan media pembelajaran dan strategi
pembelajaran yang unik untuk menunjang proses pembelajarannya. Cara yang
digunakan guru dalam proses pembelajaran adalah dengan metode ceramah saja,
sehingga cara guru mengajar membuat siswa mengalami kebosanan, bicara sendiri,
mengantuk, bercerita dengan teman sebangkunya, dan siswa tidak tertarik dengan
pembelajaran tersebut. Apalagi mata pembelajaran pada saat itu adalah tentang sejarah
Indonesia. Pada akhirnya banyak siswa yang tidak dapat menerima konsep
pembelajaran pada hari itu. Sedangkan dalam kurikulum 2013 siswa dituntut untuk
berfikir kreatif, aktif dan produktif serta siswa terlibat langsung dengan proses
pembelajaran. Hal ini mengakibatkan penurunan siswa dalam pemahaman akan materi
tentang sejarah, maka perlu adanya pemecahan masalah yaitu penggunaan strategi
dictoglos. Tujuan peneliti ini untuk mengkaji aktivitas guru dan siswa selama proses
pembelajaran dengan menggunakan strategi dictoglos. Dengan menggunakan strategi
dictoglos siswa lebih senang dan antusias dalam proses pembelajaran. Penelitian ini
menggunakan Penelitian Tindakan Kelas.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/1838 |
|
Data Source Entry |
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 3 No 1 (2020): Januari 2020 |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|