Record Details

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III MI MA’ARIF NU SUKODADI-LAMONGAN

MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2620-8997
2620-9004
 
Authentication Code dc
 
Title Statement PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III MI MA’ARIF NU SUKODADI-LAMONGAN
 
Personal Name Shoimah, Retno Nuzilatus
UNISDA LAMONGAN
 
Summary, etc. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran konkrit pada mata pelajaran matematika materi pecahan di MI Ma’arif NU SukodadiLamongan. Media konkrit digunakan untuk mempermudah siswa memperoleh pemahaman konsep pecahan dan operasi bilangan pecahan sederhana dengan tepat dan cepat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan bentuk descriptive kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan pada aktifitas belajar dan pemahaman konsep pecahan dan operasi pecahan. Sebelum penggunaan media pembelajaran konkrit, diperoleh hasil penilaian aktifitas belajar siswa sebagai berikut: 3 siswa sangat aktif (12%), 7 siswa aktif (29%), 10 siswa cukup aktif (42%), dan 4 siswa tidak aktif (17%). Sedangkan setelah penggunaan media konkrit diperoleh hasil sebagai berikut: 13 siswa sangat aktif (54%), 7 siswa aktif (29%), 4 siswa cukup aktif (17%), dan 0 siswa tidak aktif (0%). Hasil penilaian pemahaman konsep pecahan pada siswa diperoleh melalui tes tulis berupa pemberian soal uraian dengan banyak soal 5 butir. Sebelum penggunaan media pembelajaran konkrit, diperoleh hasil penilaian sebagai berikut: 18 siswa tidak lulus KKM (75%), 6 siswa lulus KKM (25%), dan rata-rata nilai siswa 71 (tidak mencapai KKM). Sedangkan setelah penggunaan media konkrit diperoleh hasil sebagai berikut: 1 siswa tidak lulus KKM (7%), 23 siswa lulus KKM (93%), dan rata-rata nilai siswa 91 (mencapai KKM).
 
Publication, Distribution, Etc. Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/1836
 
Data Source Entry MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 3 No 1 (2020): Januari 2020
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##