HAKIKAT PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2620-8997 2620-9004 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
HAKIKAT PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM |
|
Personal Name |
Maghfiroh, Lailatul Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan |
|
Summary, etc. |
Abstrak
Pendidikan merupakan usaha sadar dari manusia menuju sebuah proses memanusiakan manusia, yang tidak dapat terlepas dari peran seorang pendidik. Pendidik dan peserta didik merupakan dua hal bagai sisi mata uang yang tidak bisa lepas satu sama lain. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, para pendidik memiliki tanggung jawab yang berat karena tidak hanya bertanggung jawab kepada wali murid tapi juga kepada Allah SWT. Pendidikan Islam memandang peserta didik berperan sebagai objek sekaligus subjek dalam prosesnya. Sehingga, peserta didik harus mengetahui kewajiban dan tugasnya agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Oleh karena itu agar proses pendidikan berhasil maka antara pendidik dan peserta didik harus bisa saling memahami dengan segala karakteristik masing-masing. Selain itu, dalam perspektif pendidikan Islam syarat-syarat yang harus dimiliki oleh seorang pendidik adalah menguasai ilmu dalam mengajar anak didiknya dengan cara yang profesional, sabar, dan tercapainya kebaikan di dunia dan di akhirat. Tetapi tantangan sering kali muncul baik dari pendidik, peserta didik, orang tua, lingkungan maupun masyarakat. Sehingga, semua pihak atau stakeholder sebagai pelaku dalam pendidikan, perlu mengkaji kembali hakikat pendidik maupun peserta didik dalam pendidikan Islam.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/1573 |
|
Data Source Entry |
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 2 No 2 (2019): July 2019 |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|