Record Details

Model Pembelajaran Terpadu Mata Pelajaran IPS Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Tema Indahnya Kebersamaan

MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2620-8997
2620-9004
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Model Pembelajaran Terpadu Mata Pelajaran IPS Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Tema Indahnya Kebersamaan
 
Personal Name Arif, Muhamad
STAI Al-Azhar Menganti Gresik
 
Summary, etc. Model pembelajaran adalah sebuah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur secara sistematis agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran juga menjadi sebuah pedoman bagi guru dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran maka sangatlah perlu melakukan pembaruan tentang sebuah model pembelajaran pada kurikulum terpadu (tematik) yang sangat mudah di pahami oleh peserta didik terutama dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), tentang keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia. Model-model pembelajaran terpadu, meliputi: Model dalam satu desain ilmu meliputi model keterhubungan, yaitu model connected  dan model nested. Model antar mata pelajaran yaitu keterurutan antar mata pelajaran, meliputi: sequenced, shared, webbed, threaded, integrate. Model lintas siswa yaitu: Immersed dan networked. Dan model pembelajaran terpadu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), meliputi: Model integrasi berdasarkan tema, Model integrasi berdasarkan potensi utama dan Model integrasi berdasarkan masalah. Penulis menggunakan model integrasi berbasis tema agar siswa lebih mudah memahami, terutama kelas IV tema indahnya kebersamaan di madrasah ibtidaiyah.
 
Publication, Distribution, Etc. Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Electronic Location and Access text/rtf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/1337
 
Data Source Entry MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 2 No 1 (2019): January 2019
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##