Record Details

Penerapan Pembelajaran Terpadu Tipe Networked Bertema Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar

MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2620-8997
2620-9004
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Penerapan Pembelajaran Terpadu Tipe Networked Bertema Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar
 
Personal Name Dzakiyyah, Nilna Iqbal
Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan salah satu pembelajaran terpadu tipe networked yang pada dasarnya merupakan suatu kegiatan belajar mengajar dengan memadukan materi dan beberapa mata pelajaran atau beberapa topik pelajaran dalam satu tema dengan mendatangkan seorang ahli. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang dipergunakan meliputi observasi, dan wawancara pada guru, hasil menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran terpadu tipe networked mampu mempermudah pemahaman siswa mengenai materi pembelajaran yang dijelaskan karena dengan didatangkannya seorang ahli dalamĀ  bidangnya mampu meningkatkan motivasi dan pengetahuan secara detail mengenai pembelajaran yang dipelajari oleh siswa sehingga dapat meningkatkan pemahamanĀ  mengenai tema hidup bersih dan sehat di sekolah dasar. Kesimpulan pembelajaran terpadu tipe networked dapat diintegrasikan dengan berbagai mata pelajaran, materi, dan tema dalam mempermudah menjelaskan materi atau tema yang dipelajari oleh siswa. Sehingga pendidik mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan mengajarkan konsep pelajaran tentang tema hidup bersih dan sehat di sekolah dasar. Selain itu pendidik juga mampu mengenalkan seorang ahli dan siswa mampu mengetahui peran ahli dalam pengintegrasian mata pelajaran dengan baik.
 
Publication, Distribution, Etc. Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Electronic Location and Access application/msword
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/1336
 
Data Source Entry MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 2 No 1 (2019): January 2019
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##