PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN CERITA RAKYAT MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2620-8997 2620-9004 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN CERITA RAKYAT MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK |
|
Personal Name |
Khanifah, Lindra Nur Universitas Islam Darul 'Ulum |
|
Summary, etc. |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran, dimana mampu menghasilkan perangkat pembelajaran yang baik, dan mendeskripsikan keefektifan pembelajaran cerita rakyat di kelas V madrasah Ibtidaiyah dengan model Project Based learning (PjBL). Model pengembangan yang digunakan sebagai acuan adalah model Plomp. Model pengembangan ini meliputi lima fase yaitu fase investigasi awal, desain, face realisasi/ kronstruksi, face tes, evaluasi dan revisi, dan implementasi. Hasil pengembangan diuji dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Postest Design.
Penelitian ini menghasilkan: 1) perangkat pembelajaran yang baik dengan kriteria validitas, dimana hasil penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran mencapai 80%; 2) pembelajaran IPS untuk mengajarkan cerita rakyat dalam kategori baik dengan kriteria kepraktisan yang diindikasikan dengan kemampuan guru mengelola pembelajaran berada dalam kategori baik dan keefektifan dengan indikator aktivitas peserta didik memenuhi kriteria efektif sesuai dengan waktu ideal dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 85%; 3) model Project based learning untuk mengajarkan tentang cerita rakyat dengan kriteria (a) hasil belajar peserta didik tuntas dengan persentase ketuntasan secara klasikal 90%, (b) kemampuan guru mengelola pembelajaran berada dalam kategori baik, (c) aktivitas peserta didik memenuhi kriteria efektif; (d) respon terhadap pembelajaran positif.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/488 |
|
Data Source Entry |
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 4 No 1 (2021): January 2021 |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|