Record Details

ANALISIS PENGEMBANGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) TERHADAP KEPUASAN PASIEN UNTUK BEROBAT DI KLINIK GAJAH MADA LAMONGAN

JEKMA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS PENGEMBANGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) TERHADAP KEPUASAN PASIEN UNTUK BEROBAT DI KLINIK GAJAH MADA LAMONGAN
 
Creator Maghfiroh, Chusniyyatul; Unisla
 
Description Abstrak        Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengembangan Variabel independen (kualitas pelayanan dan kualitas tenaga medis) terhadap variabel dependen (kepuasan pasien) untuk berobat di klinik Gajah Mada Lamongan menggunakan analisis regresi berganda. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner terhadap 93 orang responden pasien klinik Gajah Mada Lamongan dengan mengunakan metode random sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap variabel kualitas pelayanan, kualitas tenaga medis dan kepuasan pasien. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pengujian secara parsial variabel kualitas pelayanan dan kualitas tenaga medis berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Dan hasil secara simultan variabel kualitas pelayanan dan kualitas tenaga medis secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Dan yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pasien adalah variabel kualitas pelayanan.       Abstract         This study aims to analyze how much the development of independent variables (quality of service and quality of medical personnel) on the dependent variable (patient satisfaction) for treatment at Gajah Mada Lamongan clinic using multiple regression analysis. Data collection in this study was carried out by using a questionnaire method for 93 respondents of Gajah Mada Lamongan clinic patients by using a random sampling method to determine respondents' responses to variables of service quality, quality of medical personnel and patient satisfaction. Based on the results of research that has been done partially testing the quality of service variables and the quality of medical personnel affect patient satisfaction. And the results simultaneously variable service quality and the quality of medical personnel simultaneously affect patient satisfaction. And the most dominant influence on patient satisfaction is the service quality variable.   
 
Publisher JEKMA
 
Contributor
 
Date 2020-01-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Identifier https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/391
 
Source JEKMA; Vol 1, No 1 (2020): JANUARI
2715-9094
 
Language id