Record Details

ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN KONSUMEN PADA BUTIK MODISA LAMONGAN

JEKMA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN KONSUMEN PADA BUTIK MODISA LAMONGAN
 
Creator Azizah, Ismi; Unisla
 
Subject


 
Description Setiap perusahaan selalu berusaha untuk dapat bertahan hidup, berkembang dan mampu bersaing. Maka setiap perusahaan selalu menetapkam dan menerapkan strategi dan cara pelaksanaan kegiatan pemasarannya. Kegiatan pemasaran yang dilakukan, diarahkan untuk dapat mencapai sasaran perusahaan yang dapat berupa tingkat laba yang diperoleh perusahaan dalam jangka panjang. Kebijakan pemasaran tentunya sejalan dengan konsep pemasaran yang menekankan pemberian pelayanan yang memuaskan pada konsumen.Dalam penelitian ini permasalahan yang dihadapi dalam proses penelitian dapat dirumuskan Apakah bauran pemasaran (product, price, place, promotion) berpengaruh secara parsial, secara simultan, dan secara dominan terhadap kepuasan pelayanan konsumen pada Butik Modisa Lamongan.Hasil uji validitas seluruh item pertanyaan variabel dinyatakan valid dengan nilai korelasi > 0,1966. Hasil uji reliabilitas seluruh item pertanyaan variabel dinyatakan reliabel karena nilai Cronbach’s Alpha > 0,70 (standart reliabel). Hasil uji asumsi klasik terbagi menjadi 3 yaitu (uji normalitas) seluruh item variabel menunjukkan hasil sebesar 0,361 sehingga dinyatakan distribusi normal, (uji multikolonieritas) nilai VIF seluruh variabel < 10 maka disimpulkan tidak terjadi gejala multikolonieritas dalam model regresi, (uji heteroskedastisitas) seluruh item variabel menunjukkan hasil > 0,05 dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi masalah heteroskedastisitas.Hasil analisis regresi linier berganda didapatkan persamaan Y = - 2,987 + 0,281X1 + 0,325X2 + 0,248X3 + 0,326X4 +0,651 yang artinya semua variabel independent berpengaruh positif terhadap variabel dependent. Hasil analisis korelasi berganda memiliki nilai korelasi (R) sangat kuat sebesar 0,949 disimpulkan bahwa variabelnya berkolerasi. Hasil analisis koefisien determinasi semua item variabel diperoleh sebesar 0,897 (89%). Hasil uji T semua item variabel diperoleh nilai thitung > ttabel (1,985) dapat disimpulkan bahwa semua variabel berpengaruh signifikan terhadap variabel Y. Hasil uji F semua item variabel  diperoleh Fhitung sebesar 215,439 > Ftabel 2,47 dengan nilai Sig. Sebesar 0,000 maka disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan.Kesimpulan dari hasil uji T diperoleh nilai thitungpada semua variabel independent disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan terhadap dependent. Dari hasil uji F diperoleh  nilai yang signifikan dan dapat disimpulkan bahwa variabel independent berpengaruh secara simultan  terhadap variabel dependent. Dari hasil uji regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = - 2,987 + 0,281X1 + 0,325X2 + 0,248X3 + 0,326X4 +0,651 sehingga disimpulkan bahwa variabel yang paling dominan dalam mendorong konsumen untuk meningkatkan Kepuasan Pelayanan Konsumen  adalah X4 (promotion) sebesar 0,326.
 
Publisher JEKMA
 
Contributor
 
Date 2020-11-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/592
 
Source JEKMA; Vol 1, No 6 (2020): NOVEMBER
2715-9094
 
Language ind
 
Relation https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/592/473