Record Details

PENGARUH PELAYANAN, KINERJA CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK KONVENSIONAL

JEKMA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH PELAYANAN, KINERJA CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK KONVENSIONAL
 
Creator Ubaid, Moh. Syaifudin; Unisla
 
Subject


 
Description Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Pengaruh Pelayanan, Kinerja Customer Service terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Keputusan Menabung di Bank Konvensional (Study Kasus Bank Daerah Lamongan). Selain itu, penelitian ini juga digunakan untuk menguji regresi baik secara parsial, simultan dan yang paling dominan diantara variable Pelayanan, Kinerja customer service, kepuasan nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Daerah Lamongan, sehingga sampel yang didapat dari perhitungan rumus slovin adalah 90 responden. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunkan adlah teknik random sampling. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah , uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji rgresi linier berganda, koefisin determinasi, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil persamaan regresi Y =  3,202 + 0,131X1 + 0,162X2. Hasil uji t (parsial) diperoleh sebesar ttabel > thitung yaitu X₁ = 2,858 > 1,660, X₂ = 5,141 > 1,660. Sehingga dapat diketahui bahwa variable pelayanan dan kinerja customer service mempunyai hubungan yang positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah. Hasil uji F (simultan) diperoleh sebesar Fhitung > Ftabel yaitu 47,509 > 3,95 yang menyatakan bahwa secara simultan variabel pelayanan dan kinerja customer service berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Variabel kinerja customer service yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Daerah Lamongan.
 
Publisher JEKMA
 
Contributor
 
Date 2020-11-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/596
 
Source JEKMA; Vol 1, No 6 (2020): NOVEMBER
2715-9094
 
Language ind
 
Relation https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/596/477