PENGARUH STRATEGI PEMASARAN KSPPS BMT MANDIRI SEJAHTERA KARANGCANGKRING JAWA TIMUR TERHADAP DAYA MINAT PEDAGANG PASAR DUKUN KABUPATEN GRESIK UNTUK MENJADI ANGGOTA
JEKMA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH STRATEGI PEMASARAN KSPPS BMT MANDIRI SEJAHTERA KARANGCANGKRING JAWA TIMUR TERHADAP DAYA MINAT PEDAGANG PASAR DUKUN KABUPATEN GRESIK UNTUK MENJADI ANGGOTA
|
|
Creator |
Zahidi, M.Luthfan Ali; Unisla
|
|
Description |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi produk, harga, tempat dan promosi yang dilakukan KSSPS BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Jawa Timur secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap daya minat pedagang pasar Dukun Kabupaten Gresik untuk menjadi anggota. Serta untuk mengetahui strategi produk, harga, distribusi dan promosi yang dilakukan oleh KSSPS BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Jawa Timur Jenis penelitian yang digunakan adalah penetitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 424. Peneliti menggunakan simple random sampling, maka sampel pada penelitian ini adalah 121 pedagang pasar Dukun. Hasi penelitian menunjukkan bahwa (1) Uji t (Parsial) menunjukan bahwa variable produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh signifikan hal ini bukan berarti bahwa variable produk, harga, tempat dan promosi sangat penting, dan memiliki pengaruh positif dan signifikan. (2) Uji F terdapat pengaruh yang signifikan secara bersamaan antara variable produk, harga, tempat, dan promosi sebagai indikator minat pedagang pasar dukun. (3) Dari variable produk, harga, tempat, dan promosi, yang sangat singnifikan adalah variable produk mempunyai pengaruh sangat dominan terhadap minat pedagang pasar dukun. Hal ini dapat diartikan bahwa strategi pemasaran pada indikator produk dengan keakuratan yang tinggi sehingga mampu menciptakan persepsi yang baik untuk menciptakan minat pedagang. Abstract This study aims to determine the product strategy, price, place and promotion carried out by KSSPS BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring, East Java partially or simultaneously influencing the interest of the market traders in the Shaman District of Gresik to become a member. And to find out the product strategy, price, distribution and promotion carried out by KSSPS BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring, East Java, which has a more dominant influence on the Shaman market traders' interest to become a member. This type of research is quantitative research. The population in this study was 424. This study used samples. In this study the researchers used simple random sampling, so the sample in this study was 121 Shaman market traders. The data used are primary and secondary data. Retrieval of data using observation, interviews, documentation, and questionnaires. Testing the hypothesis used in this study uses multiple regression. The result of the research shows that (1) t test (partial) shows that the product, price, place and promotion variables have a significant effect, this does not mean that the product, price, place and promotion variables are very important, and have a positive and significant influence. (2) F test, there is a significant influence simultaneously between product variables, price, place, and promotion as indicators of interest of shaman market traders. (3) From the product, price, place, and promotion variables, what is very significant is that the product variable has a very dominant influence on the interests of shaman market traders. This can be interpreted that the marketing strategy on product indicators with high accuracy so that it can create a good perception to create the interests of traders.
|
|
Publisher |
JEKMA
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-01-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
|
|
Identifier |
https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/432
|
|
Source |
JEKMA; Vol 1, No 1 (2020): JANUARI
2715-9094 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/432/342
|
|