Record Details

ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PADA DEALER HONDA CV ADAM JAYA PLUMPANG TUBAN

JEKMA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PADA DEALER HONDA CV ADAM JAYA PLUMPANG TUBAN
 
Creator Khotimah, Khusnul; Unisla
 
Subject


 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan sepeda motor Honda di CV Adam Jaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam meningkatkan penjualan. Ruang lingkup penelitian dibatasi tentang strategi pemasaran 4P. Hasil analisis SWOT didapat dari nilai kekuatan yang dimiliki adalah 2,80 sedangkan kelemahan adalah 0,90 jadi kuadran internal faktor adalah yaitu 2,80 – 0,90 = 1,90 artinya kemampuan dari CV Adam Jaya dalam memanfaatkan kekuatan dan meminimalkan kelemahan yang terdapat pada internal faktor perusahaan. Peluang yang dimiliki dari strategi tersebut sebesar 1,87 dan ancaman sebesar 1,31. Jadi kuadran eksternal faktor yaitu 1,87 – 1,31 = 0,56 artinya CV Adam Jaya mampu untuk memanfaatkan peluang – peluang dan mampu untuk mengatasi ancaman – ancaman yang dihadapi oleh perusahaan dalam penjualan. Sehingga berada pada kuadran I yaitu strategi agresif dengan cara menerapkan : 1) Mempertahankan kualitas dan mutu produk serta memperluas  jangkauan penjualan sepeda motor Honda dengan membuka pangsa pasar dan membuka cabang baru didaerah jauh dari dealer CV Adam Jaya. 2) Memanfaatkan perkembangan teknologi dan kekuatan pasar dengan cara mempertahankan harga produk yang lebih murah dari pesaing dan memaksimalkan promosi penjualan.  
 
Publisher JEKMA
 
Contributor
 
Date 2020-11-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/594
 
Source JEKMA; Vol 1, No 6 (2020): NOVEMBER
2715-9094
 
Language ind
 
Relation https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/594/475