ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PADA DEALER HONDA CV ADAM JAYA PLUMPANG TUBAN
JEKMA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PADA DEALER HONDA CV ADAM JAYA PLUMPANG TUBAN
|
|
Creator |
Khotimah, Khusnul; Unisla
|
|
Subject |
—
— — |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan sepeda motor Honda di CV Adam Jaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam meningkatkan penjualan. Ruang lingkup penelitian dibatasi tentang strategi pemasaran 4P. Hasil analisis SWOT didapat dari nilai kekuatan yang dimiliki adalah 2,80 sedangkan kelemahan adalah 0,90 jadi kuadran internal faktor adalah yaitu 2,80 – 0,90 = 1,90 artinya kemampuan dari CV Adam Jaya dalam memanfaatkan kekuatan dan meminimalkan kelemahan yang terdapat pada internal faktor perusahaan. Peluang yang dimiliki dari strategi tersebut sebesar 1,87 dan ancaman sebesar 1,31. Jadi kuadran eksternal faktor yaitu 1,87 – 1,31 = 0,56 artinya CV Adam Jaya mampu untuk memanfaatkan peluang – peluang dan mampu untuk mengatasi ancaman – ancaman yang dihadapi oleh perusahaan dalam penjualan. Sehingga berada pada kuadran I yaitu strategi agresif dengan cara menerapkan : 1) Mempertahankan kualitas dan mutu produk serta memperluas jangkauan penjualan sepeda motor Honda dengan membuka pangsa pasar dan membuka cabang baru didaerah jauh dari dealer CV Adam Jaya. 2) Memanfaatkan perkembangan teknologi dan kekuatan pasar dengan cara mempertahankan harga produk yang lebih murah dari pesaing dan memaksimalkan promosi penjualan.
|
|
Publisher |
JEKMA
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-11-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/594
|
|
Source |
JEKMA; Vol 1, No 6 (2020): NOVEMBER
2715-9094 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/594/475
|
|