Record Details

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMBAYARAN TAGIHAN IURAN SAMPAH (STUDI KASUS PADA PELAYANAN IURAN SAMPAH DI DESA BERU KECAMATAN SARIREJO KABUPATEN LAMONGAN) ANALYSIS OF SERVICE QUALITY TO CONSUMER SATISFACTION IN PAYING BILS

JEKMA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMBAYARAN TAGIHAN IURAN SAMPAH (STUDI KASUS PADA PELAYANAN IURAN SAMPAH DI DESA BERU KECAMATAN SARIREJO KABUPATEN LAMONGAN) ANALYSIS OF SERVICE QUALITY TO CONSUMER SATISFACTION IN PAYING BILS
 
Creator Shobakh, Achmad Dliyaus; Unisla
 
Subject


 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (responsivenesss, reliability, assurance, empathy dan tangible) terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Desa Beru sebanyak 1.800 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebesar 95 orang dengan teknik menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis data uji asumsi klasik, regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t, uji F.Hasil analisa menunjukkan bahwa hasil dari uji t untuk masing – masing variabel sebesar responsiveness (X1) 1,998, reliability (X2) 2,008, assurance (X3) 5,616, empathy (X4) -2,281 dan tangible (X5) 2,835 sedangkan besarnya ttabel adalah 1,986 dengan tingkat signifikan sebesar 0,05, kemudian hasil dari uji F diketahui Fhitung sebesar 24,970 dan Ftabel 2,32 dan nilai determinasi R2 = 0,58,4. Dan hasil perhitungan analisi regresi linier berganda mempunyai nilai sebesar Y = 1.007 + 0,174X1 + 0,216X2+ 0,515X3 – 0,192X4 +0,258X5.Dari bukti – bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel responsiveness (X1), reliability (X2), assurance (X3), empathy (X4) dan tangible (X5) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y), secara simultan variabel responsiveness (X1), reliability (X2), assurance (X3), empathy (X4)  dan tangible (X5) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y). dan variabel assurance (X3)  merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen (Y).
 
Publisher JEKMA
 
Contributor
 
Date 2020-03-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/525
 
Source JEKMA; Vol 1, No 2 (2020): MARET
2715-9094
 
Language ind
 
Relation https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/JEKMA/article/view/525/420