Record Details

PROBLEMATIKA PENILAIAN AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PROBLEMATIKA PENILAIAN AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
 
Creator Mufida, Ulfiyatin
Dewi, Nur Oktawiyana
Rosyidah, Dewi Lathifatur
Swari, Dessy Ratna
Swari, Dessy Ratna
 
Subject Problematika
Penilaian Afektif
PAI
 
Description Penilaian afektif merupakan penilaian yang mencakup watak perilaku, seperti sikap, perasaan, emosi, minat dan nilai. Penerapan penilaian afektif selama ini dianggap sulit dan rumit dibandingkan dengan penilaian ranah yang lain. Terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berperan untuk mengembangkan keimanan dan ketakwaan siswa, serta membentuk perilaku siswa sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama Islam. Artikel ini membahas mengenai problematika penilaian afektif pada mata pelajaran PAI. Temuan dari artikel ini adalah guru PAI belum menerapkan penilaian afektif dengan sungguh-sungguh dan belum mengetahui cara menerapkan penilaian afektif yang tepat. Cara yang dilakukan guru PAI saat menerapkan penilaian afektif sangat beragam, namun tidak berdasarkan instrumen penilaian dalam menilai aspek afektif siswanya. Sehingga menimbulkan berbagai kendala yang menghambat penerapan penilaian afektif. Kendala ini muncul dari guru PAI sendiri maupun dari siswa. Untuk mengatasi kendala tersebut diperlukan solusi yang tepat agar penilaian afektif dapat berjalan dengan efektif dan efisien serta hasilnya sesuai dengan keadaan siswa yang sebenarnya. Oleh karena itu, disarankan kepada guru PAI untuk memahami lebih dalam cara menerapkan penilaian afektif dengan tepat sehingga dapat menguasainya dan tidak terjadi kendala lagi dalam menilai aspek afektif siswanya.
 
Publisher Ali Muchasan
 
Date 2021-09-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/236
 
Source INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan; Vol. 7 No. 2 (2021): September 2021; 47-69
2598-3172
2442-3009
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/236/131
 
Rights Copyright (c) 2021 Ulfiyatin Mufida, Nur Oktawiyana Dewi, Dewi Lathifatur Rosyidah, Dessy Ratna Swari, Dessy Ratna Swari
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0