Record Details

Arah Pendidikan Agama Islam dalam Menyikapi Modernitas

INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Arah Pendidikan Agama Islam dalam Menyikapi Modernitas
 
Creator Amin, Rifqi
 
Subject arah pendidikan, modernitas.
 
Description Salah satu hal yang menjadi hambatan bagi pendidikan Islam dalam berperan aktif untuk menyumbang ilmu pengetahuan bagi masyarakat adalah karena PAI dianggap sebagai materi pelajaran yang terlalu normatif. Oleh karena itu PAI sebagai ilmu pengetahuan harus mengambil jalan sendiri agar memiliki identitas jelas, memiliki ciri khas tersendiri, dan memiliki kemandirian. Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar untuk menyiapkan siswa agar mampu memahami (knowing), terampil melaksanakan (doing), dan mengamalkan (being) agama Islam melalui kegiatan pendidikan. Pendidikan Islam harus memiliki corak tersendiri dan tidak dibayang-bayangi oleh pendidikan umum. Oleh karena itu PAI sebagai salah satu pilar Pendidikan perlu mengadakan pembenahan kurikulum, pembenahan yang utama danĀ  pertama bukan pada pembenahan materi/muatan pelajaran namun pada konsep dan tujuan sebagai penyemangat generasi muda untuk mengembangkan ilmu pengetahuan umum. salah satu langkah konkrit untuk menghadapi persaingan global adalah umat Islam harus mendirikan lembaga atau badan riset (penelitian) dalam bidang ilmu pengetahuan umum (pengetahuan alam dan sosial). Langkah selanjutnya adalah mengadakan penerjemahan-penerjamahan teks-teks barat yang dinilai bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Setelah itu adalah membentuk sistem pendidikan Islam yang integral baik secara konsep, kurikulum, maupun kelembagaan (lembaga saling tukar menukar ilmu pengetahuan).
 
Publisher Ali Muchasan
 
Date 2017-06-06
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/15
 
Source INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan; Vol. 1 No. 1 (2015): Februari 2015; 103-123
2598-3172
2442-3009
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/15/15