Humanisasi dalam Tujuan Pendidikan Islam
INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Humanisasi dalam Tujuan Pendidikan Islam
|
|
Creator |
Munawar, Munawar
|
|
Subject |
humanisasi, tujuan pendidikan
|
|
Description |
Islam adalah ajaran agama yang diturunkan oleh Allah swt, kepada hamba-Nya melalui para Nabi dan Rasul. Islam memuat ajaran yang komprehensif yang tidak sebatas pada aspek ritual saja, tetapi juga mencakup seluruh aspek kehidupan.Setiap proses yang dilakukan dalam pendidikan harus dilakukan secara sadar dan memiliki tujuan. Tanpa diawali dengan arah tujuan yang jelas, tentunya hasil dari pendidikan tidak akan menemui keberhasilan yang memuaskan. Tujuan pendidikan secara umum adalah mewujudkan perubahan positif (positive change) yang diharapkan ada pada peserta didik setelah menjalani proses pendidikan, baik perubahan pada tingkah laku individu ataupada kehidupan pribadinya dan pada kehidupan masyarakat maupun terhadap alam sekitarnya di mana subjek didik menjalani kehidupan sehari-hari.Tujuan pendidikan dalam Islam, antara lain untuk membimbing dan mengarahkan manusia agar mampu mengemban amanah dari Allah, yaitu menjalankan tugas-tugas hidupnya di muka bumi, baik sebagai ‘abdullah(hamba Allah yang senantiasatunduk dan patuh kepada aturan dan kehendak-Nya serta hanya mengabdi kepada-Nya) maupun sebagai khalifah Allah di muka bumi, yang menyangkut pelaksanaan tugas kekhalifahan terhadap diri sendiri, dalam keluarga, dalam masyarakat dan terhadap alam.
|
|
Publisher |
Ali Muchasan
|
|
Date |
2017-06-06
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/14
|
|
Source |
INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan; Vol. 1 No. 1 (2015): Februari 2015; 89-102
2598-3172 2442-3009 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/14/14
|
|