Record Details

Pendekatan Integratif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) di Sekolah pada Abad Informasi

INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pendekatan Integratif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) di Sekolah pada Abad Informasi
 
Creator Ms, Rohmad
 
Subject Integratif, PAI
 
Description Inovasi dalam pembelajaran PAI di sekolah perlu dilakukan dalam rangka merespon perkembangan masyarakat dan kemajuannya di bidang sains  dan teknologi informasi. Arah dan tujuan pendidikan Islam yang  hendak mewujudkan peserta didik yang memiliki integritas diniah dan loyalitas nasional karenanya perlu dibarengi dengan ikhtiar intensif bidang keilmuannya. Beberapa aspek keilmuan yang perlu mendapat perhatian antara lain: pertama pembaharuan dalam pendekatan epistemologis pembelajaran PAI dari organisasi kurikulum terkait (korelated curriculum kepada integrated kurikulum) terpadu. Kedua Pembaruan dalam paradigma epistemologis nalar bayani oriented menjadi trilogi nalar Abid al-Jabiri yaitu nalar bayani, nalar irfani, dan nalar burhani dalam pembelajaran PAI. Ketiga mengakomodasi nilai issue-issue global dalam silabi/materi PAI seiring kemajuan zaman dan kompleksitas permasalahan yang dihadapi manusia terlebih komunitas muslim yang harus meresponnya dengan berbuat lokal tetapi berpikir global. Hanya dengan merespon kemajuan dalam konstruksi kekinian maka pendidikan agama Islam di sekolah menjadi kebutuhan dan diperhitungkan keberadaannya.
 
Publisher Ali Muchasan
 
Date 2017-06-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/11
 
Source INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan; Vol. 1 No. 1 (2015): Februari 2015; 17-37
2598-3172
2442-3009
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/11/11