Record Details

Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Salon Dan Klinik Kecantikan (Studi Kasus di Kabupaten Jember)

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Salon Dan Klinik Kecantikan (Studi Kasus di Kabupaten Jember)
 
Creator Ashilah, Khittah
 
Description Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) menjelaskan dan menganalisis pengaruh tangibilitas, reliabilitas, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan konsumen Salon dan klinik kecantikan di Kota Jember; (2) menjelaskan dan menganalisispengaruh tangibilitas, reliabilitas, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan konsumen Salon dan klinik kecantikan di Kota Jember; (2) menjelaskan dan menganalisispengaruh tangibilitas, reliabilitas, daya tanggap ,jaminan dan empati terhadap loyalitas konsumen Salon dan Klinik kecantikan di Kota Jember; (3) menjelaskan dan menganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen salon dan klinik kecantikan di Kota Jember. Metode analisis yang digunakan adalah metode persamaan struktural. Dan hasilanalisis menunjukkan bahwa kelima variabel dimensi kualitas layanan berpengaruhsignifikan terhadap loyalitas baik secara langsung maupun secara tak langsung melaluikepuasan konsumen. Daya tanggap merupakan variabel yang paling dominanpengaruhnya terhadap loyalitas konsumen, sedang variabel yang terendah pengaruhnyaadalah reliabilitas.Katakunci: Kualitas layanan, kepuasan, dan loyalitasAbstract: The objectives of this study were: (1) to explain and analyze the effect of reliability, reliability, responsiveness, assurance and empathy on consumer satisfaction of beauty salons and clinics in Jember City; (2) explain and analyze the effect of reliability, reliability, responsiveness, assurance and empathy on consumer loyalty of beauty salons and clinics in Jember City; (3) explain and analyze the effect of satisfaction on consumer loyalty of beauty salons and clinics in Jember City. The analytical method used is the structural equation method. And the results of the analysis show that the five dimensions of service quality variables have a significant effect on loyalty either directly or indirectly through customer satisfaction. Responsiveness is the variable with the most dominant influence on consumer loyalty, while the variable with the lowest effect is reliability.Keywords: Quality of service, satisfaction and loyalty
 
Publisher FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAMMM
 
Date 2021-09-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/976
 
Source Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI); Vol. 1 No. 1 (2021): Maret; 25-36
2775-9504
2775-6920
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/jebi/article/view/976/883
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam