Record Details

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM PENGEMBANGAN TOLERANSI DAN KEBANGSAAN DI MTS HASYIM ASY’ARI BLIMBING KOTA MALANG

Proceeding AMIPEC

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM PENGEMBANGAN TOLERANSI DAN KEBANGSAAN DI MTS HASYIM ASY’ARI BLIMBING KOTA MALANG
 
Creator Sutomo, Sutomo
 
Description AbstrakMultikultutralisme sampai saat ini memberikan pengandaian akan adanya pengakuan terhadap semua entitas budaya dan agama dalam satu tatanan sosial untuk hidup bersama. Dalam hal ini multikulturalisme meniscayakan keragaman dan pluralitas. Sebenarnya, multikulturalisme dan pluralisme memiliki prinsip yang sama. Dalam konteks wacana publik, konsep multikulturaisme nampaknya lebih bisa diterima daripada pluralisme.Konsep pluralisme menimbulkan banyak resistensi bagi kalangan agamawan dan lembaga agama konservatif. Hal ini dikarenakan konsep tersebut cenderung disalahartikan sebagai pencampuran agama-agama dan watak liberalnya. Sementara itu, multikulturalisme dibangun atas kesadaran kolektif sebuah komunitas yang mengarah pada pembentukan masyarakat madani yang multi etnik, multi budaya, multi agama yang dinaungi dalam negara hukum yang berkeadilan. Semangat yang muncul dalam multikulturalisme adalah toleransi dalam bingkai masyarakat majemuk. Persoalan kebangsaan dan upaya membangun kembali semangat toleransi di negeri ini harus ada prioritas dalam membangun peradaban bangsa. Kerja keras harus terus dilakukan mulai penyelenggara negara, agamawan, tokoh masyarakat, dan yang tidak kalah penting adalah intitusi agama dan pendidikan. Dalam konteks inilah menjadikan alasan memperkuat pendidikan multikulturalisme di seluruh intitusi pendidikan, khususnya institusi pendidikan berbasis agama. Dan, pendidikan multikulturalisme perlu menjadi ruh dan bersinergi dengan kurikulum pendidikan baik pendidikan formal, nonformal maupun informal. Lini paling mendasar dalam pengembangan pemahaman multikulturalisme adalah pada level pendidikan dasar dan menengah. Karena di lini inilah proses pendidikan karakter dan kepribadian di masa transisi anak terbentuk. Untuk itu rumusan dan model-model implementasi pendidikan multikultural sebagai bentuk ikhtiar yang harus dilakukan sebagai bagian dari upaya membangun investasi peradaban bagi generasi penerus bangsa ini. Kata Kunci : pendidikan, multikulturalisme, toleransi, kebangsaan
 
Publisher Proceeding AMIPEC
 
Date 2016-12-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/msword
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/amipec/article/view/36
 
Source Proceeding AMIPEC; Vol. 2 No. 2 (2016): Jurnal Annual Malang International Peace Conference
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/amipec/article/view/36/12
 
Rights Copyright (c) 2017 Proceeding AMIPEC