Optimalisasi Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Alternatif Laboratorium IPA
Science Education and Application Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Optimalisasi Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Alternatif Laboratorium IPA
|
|
Creator |
Khafid, Mohammad Abdul
Hakim, Lukman mahmudi, imam |
|
Subject |
—
lingkungan sekolah; laboratorium IPA; laboratorium berbasis lingkungan |
|
Description |
Abstrak Ilmu Pengetahuan Alam tidak hanya membahas tentang materi akan tetapi juga tentang praktik atau pengalaman secara langsung. Peserta didik seharusnya diajak melaksanakan praktik secara riil, konkrit, sesuai dengan teori yang sedang dipelajari (Dalam konteks IPA SD yaitu tentang keadaan lingkungan sekitar, atau yang ada di kehidupan sehari-hari). Permasalahan yang ada di lapangan, pada kenyataanya, sebagian guru hanya mengajarkan teori yang ada di buku dan hanya menerapkan pembalajaran di dalam ruang kelas. Hal tersebut dipicu karena tidak adanya fasilitas laboratorium yang memadai di sekolah, serta minimnya motivasi untuk membuat inovasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan phenomenology. Berdasarkan hasil penelitian, sebenarnya solusi dari permasalahan ini sangat dekat dengan bapak/ibu guru, yaitu lingkungan sekitar sekolah dengan berbagai objek dan fenomenanya. Adanya lingkungan sekolah ini baik halaman, kebun dan lapangan sekolah ini dapat menjadi wahana yang sangat tepat sebagai alternatif laboratorium pembelajaran, atau dengan istilah lain yaitu sebagai laboratorium berbasis lingkungan.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-10-05
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/130
10.30736/seaj.v1i2.130 |
|
Source |
Science Education and Application Journal; Vol 1, No 2 (2019): Science Education and Application Journal; 74-83
Science Education and Application Journal; Vol 1, No 2 (2019): Science Education and Application Journal; 74-83 2656-8365 2656-6672 10.30736/seaj.v1i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/130/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Science Education and Application Journal
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ |
|