Record Details

Optimalisasi Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Alternatif Laboratorium IPA

Science Education and Application Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Optimalisasi Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Alternatif Laboratorium IPA
 
Creator Khafid, Mohammad Abdul
Hakim, Lukman
mahmudi, imam
 
Subject
lingkungan sekolah; laboratorium IPA; laboratorium berbasis lingkungan
 
Description Abstrak Ilmu Pengetahuan Alam tidak hanya membahas tentang materi akan tetapi juga  tentang praktik atau pengalaman secara langsung. Peserta didik seharusnya diajak melaksanakan praktik secara riil, konkrit, sesuai dengan teori yang sedang dipelajari (Dalam konteks IPA SD yaitu tentang keadaan lingkungan sekitar, atau yang ada di kehidupan sehari-hari). Permasalahan yang ada di lapangan, pada kenyataanya, sebagian guru  hanya mengajarkan teori yang ada di buku dan hanya menerapkan pembalajaran di dalam ruang kelas. Hal tersebut dipicu karena tidak adanya fasilitas laboratorium yang memadai di sekolah, serta minimnya motivasi untuk membuat inovasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan phenomenology. Berdasarkan hasil penelitian, sebenarnya solusi dari permasalahan ini sangat dekat dengan bapak/ibu guru, yaitu  lingkungan sekitar sekolah dengan berbagai objek dan fenomenanya. Adanya lingkungan sekolah ini baik halaman, kebun dan  lapangan sekolah ini dapat menjadi wahana yang sangat tepat sebagai alternatif laboratorium pembelajaran, atau dengan istilah lain yaitu sebagai laboratorium berbasis lingkungan.    
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2019-10-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/130
10.30736/seaj.v1i2.130
 
Source Science Education and Application Journal; Vol 1, No 2 (2019): Science Education and Application Journal; 74-83
Science Education and Application Journal; Vol 1, No 2 (2019): Science Education and Application Journal; 74-83
2656-8365
2656-6672
10.30736/seaj.v1i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/130/pdf
 
Rights Copyright (c) 2019 Science Education and Application Journal
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/