Record Details

Persepsi Guru IPA SMP/MTs terhadap Praktikum IPA Selama Pandemi COVID-19

Science Education and Application Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Persepsi Guru IPA SMP/MTs terhadap Praktikum IPA Selama Pandemi COVID-19
 
Creator Khusnah, Laila
 
Subject


 
Description Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) menyebabkan proses pembelajaran tatapĀ  muka di sekolah dialihkan menjadi proses pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru IPA SMP/MTs yang ada di kabupaten Jember terhadap praktikum IPA selama pandemi COVID-19. Pengambilan data dilakukan dengan menyebar angket berupa google form melalui media WhatsApp (WA) kepada 24 guru IPA SMP/MTs yang tersebar di kabupaten Jember dengan metode cluster sampling mulai bulan April sampai Mei tahun 2020. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan mocrosoft excel 2007. Hasil survey menunjukkan bahwa 29% guru menyatakan siap melaksanakan praktikum secara daring, 38% menyatakan kurang siap dan 33% menyatakan tidak siap melaksanakan praktikum secara daring. Tingkat kesiapan tersebut berpengaruh terhadap keterlaksanaan kegiatan praktikum. Hasil survey menunjukkan bahwa guru yang menyatakan praktikum secara dapat terlaksana sebesar 33 %, selebihnya 67% menyatakan praktikum secara daring tidak dapat dilaksanakan. Fenomena tersebut terjadi karena terdapat kendala-kendala baik kendala yang berasal dari guru sendiri ataupun kendala yang berasal dari siswa dan orangtua siswa.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2020-09-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article

 
Format application/pdf
application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/291
10.30736/seaj.v2i2.291
 
Source Science Education and Application Journal; Vol 2, No 2 (2020): Science Education and Application Journal; 112-118
Science Education and Application Journal; Vol 2, No 2 (2020): Science Education and Application Journal; 112-118
2656-8365
2656-6672
10.30736/seaj.v2i2
 
Language eng
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/291/pdf
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/291/pdf_1
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2020 Science Education and Application Journal
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/