Peningkatan Hasil Belajar dan Literasi Sains Siswa SMPN 1 Ngoro Mojokerto melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Socio-scientific issues (SSI)
Science Education and Application Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Hasil Belajar dan Literasi Sains Siswa SMPN 1 Ngoro Mojokerto melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Socio-scientific issues (SSI)
|
|
Creator |
Mudawamah, Khusnul
|
|
Subject |
—
Hasil Belajar, Literasi Sains, Pendekatan Saintifik, Socio Scientific Issues, Materi Pencemaran Lingkungan IPA |
|
Description |
Literasi sains merupakan bekal siswa untuk berpartisipasi cerdas dalam kehidupan social bermasyarakat. Literasi sains merupakan cara-cara sains yang dapat digunakan oleh siswa untuk mengatasi permasalahan hidup lebih bertanggung jawab dan kehidupan yang lebih baik. Hasil analisis PISA tahun 2012, kemampuan literasi sains siswa Indonesia masih rendah. Menurut PISA hal ini diduga disebabkan karena kurikulum, pembelajaran, dan asesmen di Indonesia masih menitikberatkan pada dimensi konten namun melupakan dimensi proses dan konteks sains Untuk meningkatkan hasil belajar dan literasi sains siswa SMPN 1 Ngoro Mojokerto maka diterapkan pendekatan saintifik berbasis socio-scientific issues materi pencemaran lingkungan. Socio-scientific issues adalah isu-isu sosial yang berhubungan dengan sains. Jenis penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari dua siklus, masing--masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan revisi. Hasil dari refleksi pada siklus 1 dianalisis dan selanjutnya diadakan revisi sebagai tindak lanjut untuk diadakan penyempurnaan pada siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan secara signifikan hasil belajar siswa pada siklus 1 rata-rata 71,51, pada siklus 2 rata-rata 80,93. Hasil keterampilan proses sains siswa pada siklus 1 rata-rata 75,39, pada siklus 2 rata—rata 93,15. Ketuntasan belajar dengan KKM 75 pada siklus 1 61,29%, sedangkan siklus 2 90%. Literasi sains siswa juga mengalami peningkatan level. Siklus 1 rata-rata level 3 sedangkan siklus 2 level 4. Keterlaksanaan RPP pada siklus 1 86%, sedangkan siklus 2, 90%. Aktivitas siswa aktif dalam pembelajaran, respon siswa positif terhadap pembelajaran. Penerapan pendekatan saintific juga meningkatkan minat siswa untuk belajar IPA lebih lanjut. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis socio-scientific issues dapat meningkatkan hasil belajar dan literasi sains siswa SMP N 1 Ngoro Mojokerto materi pencemaran lingkungan.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-09-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article — |
|
Format |
application/pdf
application/pdf |
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/254
10.30736/seaj.v2i2.254 |
|
Source |
Science Education and Application Journal; Vol 2, No 2 (2020): Science Education and Application Journal; 52-65
Science Education and Application Journal; Vol 2, No 2 (2020): Science Education and Application Journal; 52-65 2656-8365 2656-6672 10.30736/seaj.v2i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/254/pdf
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/254/pdf_1 |
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Science Education and Application Journal
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ |
|