Record Details

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Teams Games Tournament (TGT) dan Permainan Hompimpa pada Materi Sel

Science Education and Application Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Teams Games Tournament (TGT) dan Permainan Hompimpa pada Materi Sel
 
Creator Nurkanti, Mia
Kurniawan, Iwan Setia
Mayangsari, Devi Ayu
Suganda, Handi
 
Subject Pendidikan Biologi
Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournaments (TGT), Hompimpa, Sel.

 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam permainan hompimpa. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Quasi Experiment dengan menggunakan rancangan penelitian Pre-Experimental Design dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design.  Subjek penelitian adalah kelas eksperimen dan kontrol dengan jumlah total sampel sebanyak 65 siswa salah satu sekolah menengah swasta di kota Bandung pada tahun ajaran 2017-2018. Instrumen yang digunakan yaitu berupa data utama untuk mengukur ranah kognitif siswa sebanyak 25 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan indikator pembelajaran sesuai level kognitif siswa. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 43,43 dan rata-rata  posttest sebesar 85,49 pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol yaitu didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 51,07 dan rata-rata posttest sebesar 57,47. Ranah afektif yaitu penilaian minat siswa tehadap hasil belajar pada Biologi konsep sel. Berdasarkan hasil analisis data penelitian siswa memiliki respon positif terhada pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang berimplikasi terhdap peningkatan hasil belajar siswa yang cukup baik.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2020-03-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article

 
Format application/pdf
application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/176
10.30736/seaj.v2i1.176
 
Source Science Education and Application Journal; Vol 2, No 1 (2020): Science Education and Application Journal; 12-21
Science Education and Application Journal; Vol 2, No 1 (2020): Science Education and Application Journal; 12-21
2656-8365
2656-6672
10.30736/seaj.v2i1
 
Language eng
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/176/Artikel
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/176/Turnitin
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2020 Science Education and Application Journal
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/