Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Teams Games Tournament (TGT) dan Permainan Hompimpa pada Materi Sel
Science Education and Application Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Teams Games Tournament (TGT) dan Permainan Hompimpa pada Materi Sel
|
|
Creator |
Nurkanti, Mia
Kurniawan, Iwan Setia Mayangsari, Devi Ayu Suganda, Handi |
|
Subject |
Pendidikan Biologi
Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournaments (TGT), Hompimpa, Sel. — |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam permainan hompimpa. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Quasi Experiment dengan menggunakan rancangan penelitian Pre-Experimental Design dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah kelas eksperimen dan kontrol dengan jumlah total sampel sebanyak 65 siswa salah satu sekolah menengah swasta di kota Bandung pada tahun ajaran 2017-2018. Instrumen yang digunakan yaitu berupa data utama untuk mengukur ranah kognitif siswa sebanyak 25 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan indikator pembelajaran sesuai level kognitif siswa. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 43,43 dan rata-rata posttest sebesar 85,49 pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol yaitu didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 51,07 dan rata-rata posttest sebesar 57,47. Ranah afektif yaitu penilaian minat siswa tehadap hasil belajar pada Biologi konsep sel. Berdasarkan hasil analisis data penelitian siswa memiliki respon positif terhada pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang berimplikasi terhdap peningkatan hasil belajar siswa yang cukup baik.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-03-26
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article — |
|
Format |
application/pdf
application/pdf |
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/176
10.30736/seaj.v2i1.176 |
|
Source |
Science Education and Application Journal; Vol 2, No 1 (2020): Science Education and Application Journal; 12-21
Science Education and Application Journal; Vol 2, No 1 (2020): Science Education and Application Journal; 12-21 2656-8365 2656-6672 10.30736/seaj.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/176/Artikel
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/176/Turnitin |
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Science Education and Application Journal
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ |
|