Persepsi Siswa terhadap Google Classroom sebagai LMS pada masa Pandemi Covid-19
Science Education and Application Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Persepsi Siswa terhadap Google Classroom sebagai LMS pada masa Pandemi Covid-19
|
|
Creator |
Harefa, Nelius
Sumiyati, Sumiyati |
|
Subject |
—
Covid-19; Google Classroom; LMS — |
|
Description |
Pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap aspek pendidikan, proses pembelajaran bergeser dari pembelajaran konvensional (tatap muka) di kelas menjadi pembelajaran online. Salah satu unsur penting dari penerapan pembelajaran online yakni ketersediaan LMS. Google classroom merupakan salah satu LMS yang dapat dimanfaatkan pada proses pembelajaran online. LMS ini didukung berbagai fitur yang dapat dielaborasi untuk mendukung proses pembelajaran. Pada penelitian ini, persepsi siswa dianalisis dan diinterpretasi terhadap pemanfaatan google classroom pada proses pembelajaran selama pandemi Covid-19. Data dikumpulkan dengan memberikan instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari 10 pernyataan dan dilengkapi dengan 5 opsi jawaban kepada masing-masing siswa. Analisis dan interpretasi menunjukkan bahwa 39,19% merasa sangat bersemangat dengan pengimplementasian google classroom pada proses pembelajaran selama pandemi Covid-19, 41,89% siswa merasa sangat senang pada proses pembelajaran terintegrasi google classroom, 47,30% siswa merasa senang akan perolehan nilai selama proses pembelajaran berbantukan google classroom, 41,89% siswa merasa tidak terbebani akan tugas yang diberikan oleh guru selama proses pembelajaran berbantukan google classroom, 51,35% merasa biasa saja dalam mengerjakan tugas mandiri yang diberikan melalui google classroom, 39,19% siswa merasa tertarik terhadap pengimplementasian google classroom sebagai LMS pada proses pembelajaran, 36,49% merasa antusias pada proses pembelajaran berbantukan google classroom, 40,54% merasa tertarik pada proses pembelajaran berbantukan google classroom, 56,76% siswa beranggapan bahwa pemanfaatan google classroom pada proses pembelajaran pada kategori mudah, dan 70,27% siswa memahami cara pengimplementasian google classroom pada proses pembelajaran setelah dijelaskan oleh guru.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Lamongan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-09-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article — |
|
Format |
application/pdf
application/pdf |
|
Identifier |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/270
10.30736/seaj.v2i2.270 |
|
Source |
Science Education and Application Journal; Vol 2, No 2 (2020): Science Education and Application Journal; 88-100
Science Education and Application Journal; Vol 2, No 2 (2020): Science Education and Application Journal; 88-100 2656-8365 2656-6672 10.30736/seaj.v2i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/270/pdf
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/270/pdf_1 |
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Science Education and Application Journal
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ |
|