Record Details

Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Biologi Siswa di SMA Negeri 7 Kerinci

Science Education and Application Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Biologi Siswa di SMA Negeri 7 Kerinci
 
Creator Santosa, Tomi Apra
Yulianti, Sisi
 
Subject
Learning Quizzes Learing Motivation

 
Description Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa yang diberi kuis dan tidak diberi dalam pembelajaran biologi.  Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi exsperimen research). Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 7 Kerinci kelas X yang terdiri dari 5 kelas. Sampel adalah siswa kelas XA dan XB. Teknik pengambilan sampel adalah Random sampling. Hasil penelitian ini adalah motivasi belajar siswa yang diberikan kuis dalam pembelajaran biologi diperoleh motivasi awal (premotivation) dengan kategori rendah dengan skor 58,882 dan motivasi belajar pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan (treatment) dengan pemberian kuis diperoleh peningkatan motivasi belajar dengan kategori tinggi dengan skor 91,25.
 
Publisher Universitas Islam Lamongan
 
Contributor
 
Date 2020-09-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article

 
Format application/pdf
application/pdf
 
Identifier http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/283
10.30736/seaj.v2i2.283
 
Source Science Education and Application Journal; Vol 2, No 2 (2020): Science Education and Application Journal; 79-87
Science Education and Application Journal; Vol 2, No 2 (2020): Science Education and Application Journal; 79-87
2656-8365
2656-6672
10.30736/seaj.v2i2
 
Language ind
 
Relation http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/283/pdf
http://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/SEAJ/article/view/283/pdf_1
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2020 Science Education and Application Journal
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/