Record Details

Pemanfaatan Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyyah Berbasis Android

Journal of Computer Science and Visual Communication Design

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pemanfaatan Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyyah Berbasis Android
 
Creator Asbara, Nurkhalik Wahdanial
 
Subject Pemanfaatan
Augmented Reality
Media Pembelajaran
Augmented Reality
Media Pembelajaran
Huruf Hijaiyyah
Ilmu Komputer
 
Description The hijaiyyah letter is one of the lessons that must be learned for all Muslims. Through this augmented reality application for Hijaiyyah letter recognition, learning hijaiyyah letter recognition becomes more interesting and interactive so that users are more enthusiastic in recognizing and learning hijaiyyah letters. To improve the required data, the authors collect data through library research or literature study and field research or direct data collection on the object of research. After testing the augmented reality application system for Hijaiyyah letter recognition using the blackbox method, the application can display objects according to predetermined markers and can run well on mobile devices that have at least 2 GB of RAM. The recommended smartphone to use is a smartphone with a camera over 13 MP in order to be able to detect markers maximally and the time required to detect markers will be faster.
Huruf hijaiyyah adalah merupakan salah satu pelajaran yang wajib dipelajari bagi semua umat beragama Islam. Melalui aplikasi augmented reality pengenalan Huruf Hijaiyyah ini, pembelajaran pengenalan huruf hijaiyyah ini menjadi lebih menarik dan interaktif sehingga pengguna lebih antusias dalam mengenal dan mempelajari huruf hijaiyyah. Untuk menyempurnakan data-data yang dibutuhkan, maka penulis melakukan pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan (library research) atau studi literatur dan penelitian lapangan (field research) atau pengumpulan data terhadap objek penelitian secara langsung. Setelah melakukan pengujian sistem aplikasi augmented reality pengenalan Huruf Hijaiyyah ini menggunakan metode blackbox, maka dapat aplikasi dapat menampilkan objek sesuai dengan marker yang telah ditentukan dan dapat berjalan dengan baik pada perangkat mobile yang memiliki RAM minimal 2 GB. Smartphone yang disarankan untuk digunakan adalah smartphone dengan kamera berukuran di atas 13 MP untuk dapat maksimal mendeteksi marker dan waktu yang diperlukan untuk mendeteksi marker akan semakin cepat.
 
Publisher Fakultas Ilmu Komputer Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
 
Date 2020-07-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unusida.ac.id/index.php/jik/article/view/126
 
Source Journal of Computer Science and Visual Communication Design; Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual (JIKDISKOMVIS); 1 - 9
Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual; Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual (JIKDISKOMVIS); 1 - 9
2541-4585
2541-4550
 
Language ind
 
Relation https://journal.unusida.ac.id/index.php/jik/article/view/126/214
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0