Record Details

Kerja Kode dalam Iklan Ramayana Ramadhan #KerenLahirBatin

Journal of Computer Science and Visual Communication Design

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kerja Kode dalam Iklan Ramayana Ramadhan #KerenLahirBatin
 
Creator Noviasri , Rizky
 
Subject Kode
Iklan
Intertekstualitas
Kitsch
Advertising
DKV
 
Description Ramayana Ramadhan #Kerenlahirbatin commercial is a video advertisement that get much public attention. It can be seen in numbers of views of this video in Ramayana Youtube Channel that reach more than ten million and still counting in a short period. This commercial is fascinating because it shows a humorous side that difference from others. Using code analysis based on the five codes theory of Roland Barthes’s, researcher reveal the works of codes that delivers humorous effect in the commercial. It happen because there are kinds of code that misused, double coding, overcoding, even it brings up a new code. The code playfulness in this commercial is the main principe of intertextuality that lead into kitsch idiom. Keywords : Code, Advertisement, Intertextuality, Kitsch
Iklan Ramayana Ramadhan #KerenLahirBatin Menyambut Lebaran termasuk salah satu iklan yang menarik perhatian masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme jumlah penonton di situs berbagi video Youtube yang mencapai puluhan juta dalam waktu singkat. Tingginya antusiasme terhadap iklan ini tidak lain disebabkan karena pesona efek lucu yang disajikan. Dengan menggunakan metode analisis kode berdasar teori lima kode Barthes, peneliti membongkar kerja kode yang menghasilkan efek lucu dalam iklan tersebut. Dari hasil analisis ditemukan bahwa efek lucu muncul karena adanya kesalahan penggunaan kode, kode ganda, overcoding, dan penggunaan kode baru. Permainan-permainan kode ini merupakan prinsip dari intertekstualitas yang memunculkan idiom kitsch. Kata kunci : Kode, Iklan, Intertekstualitas, Kitsch
 
Publisher Fakultas Ilmu Komputer Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
 
Date 2018-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unusida.ac.id/index.php/jik/article/view/48
 
Source Journal of Computer Science and Visual Communication Design; Vol. 3 No. 2 (2018): Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual (JIKDISKOMVIS); 11 - 18
Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual; Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual (JIKDISKOMVIS); 11 - 18
2541-4585
2541-4550
 
Language ind
 
Relation https://journal.unusida.ac.id/index.php/jik/article/view/48/35
 
Rights Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual