Record Details

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK MATERI MENULIS KALIMAT SEDERHANA UNTUK KELAS I SEKOLAH DASAR

MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2620-8997
2620-9004
 
Authentication Code dc
 
Title Statement PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK MATERI MENULIS KALIMAT SEDERHANA UNTUK KELAS I SEKOLAH DASAR
 
Added Entry - Uncontrolled Name Umam, Nanang Khoirul
Laily, Fitrah Alfiyanti
Universitas Muhammadiyah Gresik
Universitas Muhammadiyah Gresik
 
Summary, etc. Penelitian ini di latar belakangi oleh guru yang masih jarang menggunakan media pembelajaran terutama dalam materi menulis kalimat sederhana ketika proses pembelajaran berlangsung. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan media pembelajaran Scrapbook Materi Menulis Kalimat sederhana untuk I sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan model 4-D, tetapi peneliti hanya melakukan tiga tahap, yakni define, design, dan develop. Tahap develop, peneliti melakukan validasi, revisi dan uji cobamedia kepada 6 peserta didik. Sehingga teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan validasi media, validasi materi dan penyebaran lembar angket respon. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 validator ahli media dan 2 validator ahli materi. Hasil pengembangan media ini memenuhi indikator kevalidan dari para validator ahli media dan ahli materi. Hasil validasi media memperoleh rata-rata persentase 89% dan termasuk kriteria sangat valid. Hasil validasi materi memperoleh rata-rata persentase 90% dan termasuk kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil validasi, maka media ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci :model 4-D, media pembelajaran scrapbook materi menulis kalimat sederhana
 
Publication, Distribution, Etc. Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/2673
 
Data Source Entry MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 5 No 1 (2022): Januari 2022
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##