PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK MATERI MENULIS KALIMAT SEDERHANA UNTUK KELAS I SEKOLAH DASAR
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2620-8997 2620-9004 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK MATERI MENULIS KALIMAT SEDERHANA UNTUK KELAS I SEKOLAH DASAR |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Umam, Nanang Khoirul Laily, Fitrah Alfiyanti Universitas Muhammadiyah Gresik Universitas Muhammadiyah Gresik |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini di latar belakangi oleh guru yang masih jarang menggunakan media pembelajaran terutama dalam materi menulis kalimat sederhana ketika proses pembelajaran berlangsung. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan media pembelajaran Scrapbook Materi Menulis Kalimat sederhana untuk I sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan model 4-D, tetapi peneliti hanya melakukan tiga tahap, yakni define, design, dan develop. Tahap develop, peneliti melakukan validasi, revisi dan uji cobamedia kepada 6 peserta didik. Sehingga teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan validasi media, validasi materi dan penyebaran lembar angket respon. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 validator ahli media dan 2 validator ahli materi. Hasil pengembangan media ini memenuhi indikator kevalidan dari para validator ahli media dan ahli materi. Hasil validasi media memperoleh rata-rata persentase 89% dan termasuk kriteria sangat valid. Hasil validasi materi memperoleh rata-rata persentase 90% dan termasuk kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil validasi, maka media ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci :model 4-D, media pembelajaran scrapbook materi menulis kalimat sederhana
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/2673 |
|
Data Source Entry |
MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam; Vol 5 No 1 (2022): Januari 2022 |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|