Record Details

Analisis Kapasitas, Tingkat Pelayanan, Dan Hambatan Samping Terhadap Lalu Lintas Pada Jalan Raya Pasar Babat

DEARSIP

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Analisis Kapasitas, Tingkat Pelayanan, Dan Hambatan Samping Terhadap Lalu Lintas Pada Jalan Raya Pasar Babat
 
Personal Name Setiawan, Agus
Fakultas Teknik Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
 
Summary, etc. Jalan raya pasar Babat Lamongan, merupakan salah satu jalan paling padat di kabupaten Lamongan. Dikarenakan pertemuan antara arus dari Surabaya-Bojonegoro, SurabayaJombang, Jombang- Bojonegoro dan arah sebaliknya. Ditambah lagi aktivitas warga di perdagangan pasar babat, dari kondisi tersebut akan ada pergerakan dari barang, jasa dan orang di jalan raya pasar Babat, sehingga menimbulkan kepadatan lalu lintas di waktu-waktu tertentu, sehingga perlu adanya penelitian ini. Metodologi yang dipakai pada penelitian ini adalah metode survei yaitu dengan cara melakukan mengumpulkan data sekunder pada pemerintah terkait, dan dilakukan survei lapangan yang berkaitan dengan penelitian untuk mendapatkan data–data primer. Setelah itu melakukan pengolahan data dan analisis data yang di peroleh dari survei berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014, sehingga di dapat volume lalu lintas, kapasitas jalan, hambatan samping, tingkat kejenuhan, tingkat pelayanan jalan terhadap lalu lintas pada jalan raya pasar Babat Lamongan. Setelah dilakukan pengambilan data dan dianalisis maka diperoleh hasil kapasitas jalan raya pasar Babat adalah sebesar 2794,5 skr/jam. Volume puncak Kapasitas jalan raya pasar Babat adalah sebesar 2794,5 skr/jam. Dengan volume kedua arah pada hari senin pagi 2708,4 skr/jam, siang 2594,4 skr/jam, sore 2283,6 skr/jam. Kamis pagi 2304 skr/jam, siang 2627 skr/jam, sore 2182 skr/jam. Minggu pagi 2463,6 skr/jam, siang 2829,6 skr/jam, sore 2605,2 skr/jam. Hambatan samping pada jalan raya pasar Babat sebesar 569,2 kejadian/jam. Kecepatan arus bebas kendaraan pada ruas jalan raya pasar Babat adalah 37,72 km/jam. Dengan kecepatan rata-rata sesaat terganggu hambatan samping tertinggi adalah 10,46 km/jam dan terganggu hambatan samping terendah adalah 32,12358 km/jam. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat hambatan samping sangat berpengaruh pada kecepatan kendaraan. Tingkat pelayanan jalan pada jalan raya pasar Babat berada pada tingkat pelayanan alan terburuk yakni pada kelas F. Dengan nilai derajat kejenuhan sebesar 1,0127. Untuk mengatasi permasalahan diatas maka peneliti memberikan solusi alternatif,Solusi alternatif adalah mengurangi hambatan samping yang terjadi di ruas jalan raya pasar Babat. Kemudian dihitung kembali kapasitas jalan yang mulanya 2794,15 skr/jam menjadi 3134,9 skr/jam kenaikan kapasitas yang cukup bagus dan Derajat Kejenuhan yang mulanya 1,0127 menjadi 0,9 Berarti derajat kejenuhan jalan raya pasar Babat menurun, jika derajat kejenuhan menurun maka lalu lintas jalan raya pasar Babat akan semakin lancar.
 
Publication, Distribution, Etc. Faculty of Engineering, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dearsip/article/view/2525
 
Data Source Entry DEARSIP; Vol 1 No 1 (2021): Mei-Oktober
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##