PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS TENTANG TENTANG ESSAI NARRATIVE DAN DESCRIPTIVE, SISWA KELAS XI IPA-2 SMAN 1 MENGANTI GRESIK MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING
WAHANA PEDAGOGIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-5058 2459-9565 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS TENTANG TENTANG ESSAI NARRATIVE DAN DESCRIPTIVE, SISWA KELAS XI IPA-2 SMAN 1 MENGANTI GRESIK MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING |
|
Personal Name |
Damayanti, Kesi SMAN 1 Menganti Gresik |
|
Summary, etc. |
Hasil belajar siswa kelas XI IPA-2 SMAN 1 Menganti Gresik pada pelajaran bahasa Inggris sangat rendah. Hasil ulangan tentang essai narrative dan descriptive disajikan dalam tiga unsur, yaitu unsur grammar, unsur diction dan paragraph development dengan nilai rata–rata unsur grammar adalah 58,5 dan ketuntasan belajar mencapai 47%. Nilai rata–rata unsur diction adalah 59,1 dan ketuntasan belajar mencapai 44,1%. Nilai rata–rata unsur paragraph development sebesar 59,9 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 47%. Pembelajaran bahasa Inggris di kelas XI IPA-2 selama ini kurang dapat mengatifkan siswa terlibat dalam pembelajaran. Maka melalui penelitian yang berbentuk tindakan kelas ini, peneliti ingin meningkatkan hasil belajar essai narrative dan descriptive dengan menerapkan pendekatan problem based learning. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Kegiatan diawali dengan analisis permasalahan, penyusunan rencana tindakan, kegiatan observasi dan refleksi. Siswa diberi media teks “SehatQua Mineral Water” Setiap siswa memperhatikan dan menirukan dengan seksama. Siswa menemukan pokok pikiran yang terdapat dalam teks iklan “SehatQua Mineral Water” dan teks iklan “HandShoes” dan mengungkapkan dalam teks descriptive. Pembelajaran dengan pendekatan problem based learning memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris tentang essai narrative dan descriptive, yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisda Lamongan |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/wahana/article/view/2501 |
|
Data Source Entry |
WAHANA PEDAGOGIKA; Vol 3 No 1 (2021): WAHANA PEDAGOGIKA |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|