Record Details

OPTIMALISASI KREATIVITAS MENGAJAR GURU PADA PEMBELAJARAN IPS GUNAMENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR

WAHANA PEDAGOGIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-5058
2459-9565
 
Authentication Code dc
 
Title Statement OPTIMALISASI KREATIVITAS MENGAJAR GURU PADA PEMBELAJARAN IPS GUNAMENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR
 
Personal Name Riyadini, Sri
SD Negeri Pengumbulanadi II Tikung, Lamongan
 
Summary, etc. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengungkap kreativitas mengajar guru pada pembelajaran IPS serta Mendiskripsikan pengaruh kreativitas mengajar guru dalam pembelajaran IPS dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di kelas IV semester I SD Negeri Pengumbulanadi II Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan. Penelitian ini dirancang dalam bentuk siklus kegiatan. Satu siklus kegiatan terdiri dari 4 kegiatan yaitu: (1) Refleksi awal, (2) Perencanan, (3) Pelaksanaan dan pemantauan , (4) Refleksi. Dari hasil pengamatan serta catatan kegiatan selama PBM dari 19 peserta didik ternyata dapat diperoleh hasil yang cukup signifikan dimana dari nilai hasil sebelum tindakan diperoleh rata-rata nilai 5,5 dan setelah diadakannya tindakan terjadi kenaikan jumlah nilai dengan rata-rata 7,5. Berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis selama tindakan dapat ditarik kesimpulan bahwa: Kreativitas mengajar guru pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan kualitas belajar siswa di kelas IV semester I SD Negeri Pengumbulanadi II
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisda Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/wahana/article/view/2158
 
Data Source Entry WAHANA PEDAGOGIKA; Vol 2 No 2 (2020): WAHANA PEDAGOGIKA
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##