Record Details

PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK “GAME” UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

WAHANA PEDAGOGIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-5058
2459-9565
 
Authentication Code dc
 
Title Statement PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK “GAME” UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA
 
Personal Name Rojih, Zainur
SMP Negeri I Kalitengah Kabupaten Lamongan
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar melalui pembelajaran kooperatif dengan teknik “Game“. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri I Kalitengah Kabupaten Lamongan dengan subjek penelitian siswa kelas 9 E SMP Negeri I Kalitengah Kabupaten Lamongan. Ada tiga instrumen minimal untuk mengumpulkan data yaitu (1) lembar pengamatan/observasi, (2) lembar questionare, dan (3) lembar test. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan dan angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif artinya gambaran keberhasilan dalam proses belajar mengajar diungkapkan dengan kenaikan nilai rata-rata kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasilbelajar siswa pada siklus I (68,67), siklus II (74,89), siklus III (82,78). Dengan demikian, penerapan cooperative learning dengan teknik “game” dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisda Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/wahana/article/view/2157
 
Data Source Entry WAHANA PEDAGOGIKA; Vol 2 No 2 (2020): WAHANA PEDAGOGIKA
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##