PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK “GAME” UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA
WAHANA PEDAGOGIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-5058 2459-9565 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK “GAME” UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA |
|
Personal Name |
Rojih, Zainur SMP Negeri I Kalitengah Kabupaten Lamongan |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar melalui pembelajaran kooperatif dengan teknik “Game“. Penelitian tindakan kelas ini
dilaksanakan di SMP Negeri I Kalitengah Kabupaten Lamongan dengan subjek penelitian siswa kelas 9 E SMP Negeri I Kalitengah Kabupaten Lamongan. Ada
tiga instrumen minimal untuk mengumpulkan data yaitu (1) lembar pengamatan/observasi, (2) lembar questionare, dan (3) lembar test. Data yang
diperoleh dari hasil pengamatan dan angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif artinya gambaran keberhasilan dalam proses belajar mengajar diungkapkan dengan kenaikan nilai rata-rata kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasilbelajar siswa pada siklus I (68,67), siklus II (74,89), siklus III (82,78). Dengan demikian, penerapan cooperative learning dengan teknik “game” dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisda Lamongan |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/wahana/article/view/2157 |
|
Data Source Entry |
WAHANA PEDAGOGIKA; Vol 2 No 2 (2020): WAHANA PEDAGOGIKA |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|