Record Details

PENERAPAN PENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

WAHANA PEDAGOGIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-5058
2459-9565
 
Authentication Code dc
 
Title Statement PENERAPAN PENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
 
Personal Name Sartini, Sartini
SD Negeri Sidomulyo II Deket, Lamongan
 
Summary, etc. Materi IPA tentang mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia dianggap sulit oleh siswa. Hal ini bisa dilihat dari 11 siswa yang mencapai 70% keatas hanya 5 siswa atau 45,45 % siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar akan menggunakan menggunakan pembelajaran model experiential learning. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Experiential Learning terhadap prestasi belajar IPA. Simpulan dari penelitian ini Penerapan pendekatan Experiential Learning berdampak positif pada peningkatan pemahaman IPA materi mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia pada siswa kelas V SDN Sidomuiyo II, terbukti adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu siklus I (63,63%), dan siklus II (81,81%) dan daya serap siswa rata-rata dari 70,90 menjadi 84,54.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisda Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/wahana/article/view/2156
 
Data Source Entry WAHANA PEDAGOGIKA; Vol 2 No 2 (2020): WAHANA PEDAGOGIKA
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##