Record Details

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN PENERAPAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESIGATION

WAHANA PEDAGOGIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-5058
2459-9565
 
Authentication Code dc
 
Title Statement PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN PENERAPAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESIGATION
 
Personal Name Komaria, Komaria
Sekolah Dasar Negeri Tawangrejo 1, UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar PKN siswa kelas VI setelah diterapkan metode kooperatif model Group Invesigation (GI). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang berbentuk spiral dari sklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning, action, observation, dan reflection. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Tawangrejo I Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Instrumen penelitian yang digunakan ialah (1) lembar pengamatan kegiatan siswa, (2) lembar pengamatan kegiatan guru, dan (3) lembar tes. Data dianalisis dengan menggunakan statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKN dengan diterapkannya metode kooperatif model group investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu siklus I daya serap siswa rata-rata 64,00 menjadi 81,00 pada siklus II. Dan data ketuntasan kelas juga meningkat yaitu siklus I mencapai 70% meningkat menjadi 90% pada siklus II.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisda Lamongan
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/wahana/article/view/2154
 
Data Source Entry WAHANA PEDAGOGIKA; Vol 2 No 1 (2020): WAHANA PEDAGOGIKA
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##