PEMBELAJARAN MEMBACA CERITA RAKYAT BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI MI NURUL HUDA NGAWUN PARENGAN TUBAN
EDU-KATA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-5015 2355-1356 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
PEMBELAJARAN MEMBACA CERITA RAKYAT BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI MI NURUL HUDA NGAWUN PARENGAN TUBAN |
|
Personal Name |
Sholihah, Siti Ummu MI Nurul Huda Ngawun |
|
Summary, etc. |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis 1) Pembelajaran membaca cerita rakyat berbasis proyek dengan pendekatan saintifik kela IV MI Nurul Huda Ngawun ditinjau dari aktifitas guru 2) Pembelajaran membaca cerita rakyat berbasis proyek dengan pendekatan saintifik di MI Nurul Huda Ngawun ditinjau dari aktifitas siswa 3) Pembelajaran membaca cerita rakyat berbasis proyek dengan pendekatan saintifik di MI Nurul Huda Ngawun ditinjau dari hasil belajar siswa. Penelitian termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif , penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pembelajaran membaca cerita rakyat berbasis proyek dengan pendekatan saintifik kelas IV MI Nurul Huda Ngawun ditinjau dari aktivitas guru yaitu: Guru menyiapkan silabus yang berisi KI, KD, RPP pembelajaran yang memuat semua komponen RPP, memilih media yang sesuai dengan pembelajaran, menyesuaikan metode, pendekatan sesuai dengan materi pembelajaran, melaksanakan kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup, dalam pembelajaran ini guru berperan sebagai fasilitator. pembelajaran membaca cerita rakyat berbasis proyek dengan pendekatan saintifik kelas IV MI Nurul Huda Ngawun ditinjau dari aktivitas siswa yaitu: Siswa lebih aktif dan kreatif di setiap kegiatan mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir siswa aktif bertanya, mengamati, mengumpulkan informasi, menentukan proyek, mengerjakan proyek, mengkomunikasikan hasil proyek, mengumpulkan dan yang terakhir bersama guru siswa melakukan refleksi pembelajaran. pembelajaran membaca cerita rakyat berbasis proyek dengan pendekatan saintifik kelas IV MI Nurul Huda Ngawun ditinjau dari hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran ini 75% sudah mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Dari 15 siswa 12 siswa sudah mendapatkan nilai diatas KKM. Bisa dikatakan hasil belajar siswa baik.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Pascasarjana Universitas Islam Darul `Ulum Lamongan |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/kata/article/view/2888 |
|
Data Source Entry |
EDU-KATA; Vol 8 No 1 (2022): Februari 2022 |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|