Record Details

An Analysis of the Readability Level of Reading Texts in Bahasa dan Sastra Inggris untuk SMA/MA XI Textbook by Using Cloze Test (A Case Study at the Eleventh Class Students of SMA Negeri 1 Sekaran Academic Year 2021/2022)

Edulitics (Education, Literature, and Linguistics) Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-8960
2460-2167
 
Authentication Code dc
 
Title Statement An Analysis of the Readability Level of Reading Texts in Bahasa dan Sastra Inggris untuk SMA/MA XI Textbook by Using Cloze Test (A Case Study at the Eleventh Class Students of SMA Negeri 1 Sekaran Academic Year 2021/2022)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Huda, Khoirul
Masfufah, Inajati
Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
 
Summary, etc. Abstrak : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keterbacaan teks bacaan dalam “Bahasa dan Sastra Inggris untuk SMA/MA XI” yang diterbitkan oleh Mediatama dengan menggunakan tes cloze pada siswa kelas sebelas SMAN 1 Sekaran tahun ajaran 2021/2022. Tes terdiri dari enam teks bacaan sebagai sampel dari populasi 47 teks bacaan dalam buku teks. Tes cloze diberikan kepada 45 siswa sebagai sampel dari populasi 216 siswa kelas XI dengan menggunakan teknik purposive clusters sampling. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan didukung dengan metode penelitian kepustakaan. Prosedur dilakukan dengan membagikan tes cloze kepada siswa, mengumpulkan data, menghitung data, menganalisis data, menafsirkan data dan yang terakhir menyimpulkan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teks 1 sampai 4 mendapat nilai rata-rata kurang dari 53%. Masing-masing skor adalah 51,99%, 48,96%, 52,36% dan 51,10%. teks bacaan tersebut termasuk dalam tingkat Instruksional; Artinya siswa belum dapat memahami teks secara mandiri, mereka masih membutuhkan bimbingan dari guru dan teks-teks tersebut diperkirakan sesuai dengan kesulitan. Sedangkan teks 5 dan 6 mendapat nilai rata-rata di atas 53%. Skor tersebut adalah 63,39% dan 61,89%. teks bacaan tersebut termasuk tingkat Mandiri; artinya siswa dapat memahaminya sendiri dan teks diprediksi cukup mudah. Dari hasil temuan, penulis mendapatkan nilai rata-rata dari 6 teks bacaan adalah 54,95%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teks bacaan dalam Bahasa Inggris dan Sastra Inggris untuk SMA/MA XI semakin mendekati tingkat Instruksional. Artinya siswa cukup mudah memahami tetapi masih membutuhkan petunjuk atau bimbingan dari guru. Sehingga layak digunakan oleh kelas dan guru SMAN 1 Sekaran sebagai instrumen belajar mengajar.
 
Publication, Distribution, Etc. English Language Teaching Department (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris)
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/edulitic/article/view/2869
 
Data Source Entry Edulitics (Education, Literature, and Linguistics) Journal; Vol 8 No 2 (2021): December, 2021
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##