Record Details

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa di SMP Terpadu Nurul Ummah Sukomalo. Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah saat pembelajaran berlangsung. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMP Terpadu Nurul Ummah Sukomalo, penelitian ini menggunakan bantuan tes untuk mengetahui hasil data dari kemampuan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa nilai sig pada uji normalitas kemampuan berpikir kritis  maka  diterima, dimana  Sampel dari populasi berdistribusi normal. Pada uji hipotesis diperoleh  pretes diperoleh , dengan derajat kebebasan , kemudian  postes diperoleh , dengan derajat kebebasan 20. Berdasarkan penentuan penarikan kesimpulan yaitu jika , dimana  didapat dari daftar distribusi t dengan maka  diterima dan ditolak, sehingga dari hasil uji-t tersebut terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Selanjutnya pasa uji N Gain diperoleh Nilai n gain didapat  dengan kriteria yang dilihat dari tabel kriteria  menunjukan nilai n gain kemampuan berpikir kritis berkategori Sedang . Nilai sig pada uji normalitas kemandirian belajar siperoleh  maka  diterima, dimana  Sampel dari populasi berdistribusi normal. Sedangkan pada uji hipotesis diperoleh   pretes diperoleh , dengan derajat kebebasan , kemudian  postes diperoleh , dengan derajat kebebasan 20. Sehingga dari hasil uji-t tersebut terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Hasil uji N Gain pada kemandirian belajar diperoleh 0,360068307 dimana nilai gain kurang   dimana dengan kategori sedang.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Added Entry - Uncontrolled Name khotimah, khusnul
Shodikin, Ali
Asmana, Arezqi Tunggal
Universitas Islam Darul ‘Ulum
Universitas Islam Darul ‘Ulum
Universitas Islam Darul ‘Ulum
 
Summary, etc. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa di SMP Terpadu Nurul Ummah Sukomalo. Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah saat pembelajaran berlangsung. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMP Terpadu Nurul Ummah Sukomalo, penelitian ini menggunakan bantuan tes untuk mengetahui hasil data dari kemampuan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa nilai sig pada uji normalitas kemampuan berpikir kritis  maka  diterima, dimana  Sampel dari populasi berdistribusi normal. Pada uji hipotesis diperoleh  pretes diperoleh , dengan derajat kebebasan , kemudian  postes diperoleh , dengan derajat kebebasan 20. Berdasarkan penentuan penarikan kesimpulan yaitu jika , dimana  didapat dari daftar distribusi t dengan maka  diterima dan ditolak, sehingga dari hasil uji-t tersebut terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Selanjutnya pasa uji N Gain diperoleh Nilai n gain didapat  dengan kriteria yang dilihat dari tabel kriteria  menunjukan nilai n gain kemampuan berpikir kritis berkategori Sedang . Nilai sig pada uji normalitas kemandirian belajar siperoleh  maka  diterima, dimana  Sampel dari populasi berdistribusi normal. Sedangkan pada uji hipotesis diperoleh   pretes diperoleh , dengan derajat kebebasan , kemudian  postes diperoleh , dengan derajat kebebasan 20. Sehingga dari hasil uji-t tersebut terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Hasil uji N Gain pada kemandirian belajar diperoleh 0,360068307 dimana nilai gain kurang   dimana dengan kategori sedang.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/2752
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 7 No 2 (2021): Inspiramatika, December 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##