Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa di SMP Terpadu Nurul Ummah Sukomalo. Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah saat pembelajaran berlangsung. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMP Terpadu Nurul Ummah Sukomalo, penelitian ini menggunakan bantuan tes untuk mengetahui hasil data dari kemampuan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa nilai sig pada uji normalitas kemampuan berpikir kritis maka diterima, dimana Sampel dari populasi berdistribusi normal. Pada uji hipotesis diperoleh pretes diperoleh , dengan derajat kebebasan , kemudian postes diperoleh , dengan derajat kebebasan 20. Berdasarkan penentuan penarikan kesimpulan yaitu jika , dimana didapat dari daftar distribusi t dengan maka diterima dan ditolak, sehingga dari hasil uji-t tersebut terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Selanjutnya pasa uji N Gain diperoleh Nilai n gain didapat dengan kriteria yang dilihat dari tabel kriteria menunjukan nilai n gain kemampuan berpikir kritis berkategori Sedang . Nilai sig pada uji normalitas kemandirian belajar siperoleh maka diterima, dimana Sampel dari populasi berdistribusi normal. Sedangkan pada uji hipotesis diperoleh pretes diperoleh , dengan derajat kebebasan , kemudian postes diperoleh , dengan derajat kebebasan 20. Sehingga dari hasil uji-t tersebut terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Hasil uji N Gain pada kemandirian belajar diperoleh 0,360068307 dimana nilai gain kurang dimana dengan kategori sedang.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
khotimah, khusnul Shodikin, Ali Asmana, Arezqi Tunggal Universitas Islam Darul ‘Ulum Universitas Islam Darul ‘Ulum Universitas Islam Darul ‘Ulum |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa di SMP Terpadu Nurul Ummah Sukomalo. Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah saat pembelajaran berlangsung. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMP Terpadu Nurul Ummah Sukomalo, penelitian ini menggunakan bantuan tes untuk mengetahui hasil data dari kemampuan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa nilai sig pada uji normalitas kemampuan berpikir kritis maka diterima, dimana Sampel dari populasi berdistribusi normal. Pada uji hipotesis diperoleh pretes diperoleh , dengan derajat kebebasan , kemudian postes diperoleh , dengan derajat kebebasan 20. Berdasarkan penentuan penarikan kesimpulan yaitu jika , dimana didapat dari daftar distribusi t dengan maka diterima dan ditolak, sehingga dari hasil uji-t tersebut terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Selanjutnya pasa uji N Gain diperoleh Nilai n gain didapat dengan kriteria yang dilihat dari tabel kriteria menunjukan nilai n gain kemampuan berpikir kritis berkategori Sedang . Nilai sig pada uji normalitas kemandirian belajar siperoleh maka diterima, dimana Sampel dari populasi berdistribusi normal. Sedangkan pada uji hipotesis diperoleh pretes diperoleh , dengan derajat kebebasan , kemudian postes diperoleh , dengan derajat kebebasan 20. Sehingga dari hasil uji-t tersebut terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Hasil uji N Gain pada kemandirian belajar diperoleh 0,360068307 dimana nilai gain kurang dimana dengan kategori sedang.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/2752 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 7 No 2 (2021): Inspiramatika, December 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|