Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode fun learning sebagai alternatif untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Nurul Huda Desa Sawo Kabupaten Gresik tahun pelajaran 2021/2022. Penentuan subjek tersebut berdasarkan hasil survey atau observasi tim peneliti. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal soal test, panduan pelaksanaan fun learning, serta angket minat belajar siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan secara blended yaitu penggabungan antara daring dengan luring. Data yang digunakan adalah hasil test, test dan angket minat belajar matematika yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan metode fun learning. Berdasarkan rekapitulasi dan reduksi data yang telah dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Siswa kelas 2 MI Nurul Huda lebih aktif mengikuti kegiatan belajar di kelas dengan menggunakan metode fun learning, sehingga metode ini sangat tepat menjadi alternatif metode pembelajaran di kelas khususnya mata pelajaran Matematika. (2) Hasil angket minat belajar matematika siswa menunjukkan peningkatan, yang berarti belajar dengan bermain dapat mengembalikan dan meningkatkan minat belajar matematika siswa. (3) Hasil tes akhir menunjukkan peningkatan pemahaman dan pengetahuan siswa setelah penerapan program fun learning, yang berarti siswa semakin semangat dalam belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan program fun learning dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan digemari siswa.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Nadhifah, Mazidatun Nadhifah Winata, Vina Pandu Aini, Khafidhoh Nurul Universitas Islam Darul 'ulum Universitas Islam Darul ‘Ulum Universitas Islam Darul ‘Ulum |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode fun learning sebagai alternatif untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Nurul Huda Desa Sawo Kabupaten Gresik tahun pelajaran 2021/2022. Penentuan subjek tersebut berdasarkan hasil survey atau observasi tim peneliti. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal soal test, panduan pelaksanaan fun learning, serta angket minat belajar siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan secara blended yaitu penggabungan antara daring dengan luring. Data yang digunakan adalah hasil test, test dan angket minat belajar matematika yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan metode fun learning. Berdasarkan rekapitulasi dan reduksi data yang telah dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Siswa kelas 2 MI Nurul Huda lebih aktif mengikuti kegiatan belajar di kelas dengan menggunakan metode fun learning, sehingga metode ini sangat tepat menjadi alternatif metode pembelajaran di kelas khususnya mata pelajaran Matematika. (2) Hasil angket minat belajar matematika siswa menunjukkan peningkatan, yang berarti belajar dengan bermain dapat mengembalikan dan meningkatkan minat belajar matematika siswa. (3) Hasil tes akhir menunjukkan peningkatan pemahaman dan pengetahuan siswa setelah penerapan program fun learning, yang berarti siswa semakin semangat dalam belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan program fun learning dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan digemari siswa.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/2576 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 7 No 2 (2021): Inspiramatika, December 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|