Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan realistic mathematics education menggunakan media monopoli matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran peluang di kelas VIII MTs Darul Ulum Pasinan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-C MTs Darul Ulum Pasinan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes ketuntasan belajar, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan angket respon siswa. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan: (1) persentase ketuntasan klasikal belajar sebesar 88,89%, (2) persentase aktivitas siswa sebesar 89,1%, (3) persentase aktivitas guru sebesar 90,5% dan (4) persentase respon siswa sebesar 93,25%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan realistic mathematics education menggunakan media monopoli matematika efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran peluang di kelas VIII MTs Darul Ulum Pasinan.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Personal Name |
Udin, Ahmad Fatikhul Universitas Islam Darul ‘Ulum |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan realistic mathematics education menggunakan media monopoli matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran peluang di kelas VIII MTs Darul Ulum Pasinan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-C MTs Darul Ulum Pasinan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes ketuntasan belajar, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan angket respon siswa. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan: (1) persentase ketuntasan klasikal belajar sebesar 88,89%, (2) persentase aktivitas siswa sebesar 89,1%, (3) persentase aktivitas guru sebesar 90,5% dan (4) persentase respon siswa sebesar 93,25%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan realistic mathematics education menggunakan media monopoli matematika efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran peluang di kelas VIII MTs Darul Ulum Pasinan.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/2498 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 7 No 1 (2021): Inspiramatika, June 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|