Record Details

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan realistic mathematics education menggunakan media monopoli matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran peluang di kelas VIII MTs Darul Ulum Pasinan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-C MTs Darul Ulum Pasinan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes ketuntasan belajar, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan angket respon siswa. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan: (1) persentase ketuntasan klasikal belajar sebesar 88,89%, (2) persentase aktivitas siswa sebesar 89,1%, (3) persentase aktivitas guru sebesar 90,5% dan (4) persentase respon siswa sebesar 93,25%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan realistic mathematics education menggunakan media monopoli matematika efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran peluang di kelas VIII MTs Darul Ulum Pasinan.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Personal Name Udin, Ahmad Fatikhul
Universitas Islam Darul ‘Ulum
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan realistic mathematics education menggunakan media monopoli matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran peluang di kelas VIII MTs Darul Ulum Pasinan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-C MTs Darul Ulum Pasinan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes ketuntasan belajar, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan angket respon siswa. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan: (1) persentase ketuntasan klasikal belajar sebesar 88,89%, (2) persentase aktivitas siswa sebesar 89,1%, (3) persentase aktivitas guru sebesar 90,5% dan (4) persentase respon siswa sebesar 93,25%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan realistic mathematics education menggunakan media monopoli matematika efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran peluang di kelas VIII MTs Darul Ulum Pasinan.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/2498
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 7 No 1 (2021): Inspiramatika, June 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##