Kemampuan representasi matematis siswa masih perlu ditingkatkan dan dikembangkan. Dikarenakan ketika dihadapkan pada soal siswa mengalami kesulitan dan kebingungan untuk menyelesaikan, dari mana mulai, rumus mana yang digunakan dan bagaimana cara menyelesaikannya. Kemampuan peserta didik pada aspek representasi matematis belum optimal. Pada dasarnya setiap peserta didik juga memiliki karakteristik cara berpikir berbeda-beda yang berpengaruh dalam proses merepresentasikan penyelesaian masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis peserta didik ditinjau dari karakteristik Dominance, Influence, Steadiness, Complience (DISC). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Raudlatul Muta’allimin Babat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif menyimpulkan data penelitian dalam bentuk angka-angka, Metode pengumpulan data menggunakan angket karakteristik DISC, tes kemampuan representasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Subjek dengan karakteistik Dominance mampu menyelesaikan semua aspek representasi matematis, yaitu representasi visual berupa gambar, persamaan atau ekspresi matematis, dan kata-kata atau teks tertulis. (2) Subjek dengan karakteristik Influence mampu menyelesaikan dua aspek representasi matematis, yaitu representasi visual berupa gambar dan persamaan atau ekspresi matematis, sedangkan pada aspek kata-kata atau teks tertulis peserta didik belum mampu menyelesaikan dengan baik. (3) Subjek dengan karakteistik Steadiness mampu menyelesaikan semua aspek representasi matematis, yaitu representasi visual berupa gambar, persamaan atau ekspresi matematis, dan kata-kata atau teks tertulis. semua pertanyaan dan mampu menjelaskan dengan baik. (4) Subjek dengan Karakteristik Compliance mampu menyelesaikan satu aspek, yaitu aspek representasi visual berupa gambar, sedangkan pada apek persamaan atau ekspresi matematis, dan kata-kata atau teks tertulis peserta didik belum mampu menyelesaikan dengan baik.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Lestari, Ida Dwi Amiroch, Siti Haryono, Heny Ekawati Universitas Islam Darul ‘Ulum Universitas Islam Darul ‘Ulum Universitas Islam Darul ‘Ulum |
|
Summary, etc. |
Kemampuan representasi matematis siswa masih perlu ditingkatkan dan dikembangkan. Dikarenakan ketika dihadapkan pada soal siswa mengalami kesulitan dan kebingungan untuk menyelesaikan, dari mana mulai, rumus mana yang digunakan dan bagaimana cara menyelesaikannya. Kemampuan peserta didik pada aspek representasi matematis belum optimal. Pada dasarnya setiap peserta didik juga memiliki karakteristik cara berpikir berbeda-beda yang berpengaruh dalam proses merepresentasikan penyelesaian masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis peserta didik ditinjau dari karakteristik Dominance, Influence, Steadiness, Complience (DISC). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Raudlatul Muta’allimin Babat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif menyimpulkan data penelitian dalam bentuk angka-angka, Metode pengumpulan data menggunakan angket karakteristik DISC, tes kemampuan representasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Subjek dengan karakteistik Dominance mampu menyelesaikan semua aspek representasi matematis, yaitu representasi visual berupa gambar, persamaan atau ekspresi matematis, dan kata-kata atau teks tertulis. (2) Subjek dengan karakteristik Influence mampu menyelesaikan dua aspek representasi matematis, yaitu representasi visual berupa gambar dan persamaan atau ekspresi matematis, sedangkan pada aspek kata-kata atau teks tertulis peserta didik belum mampu menyelesaikan dengan baik. (3) Subjek dengan karakteistik Steadiness mampu menyelesaikan semua aspek representasi matematis, yaitu representasi visual berupa gambar, persamaan atau ekspresi matematis, dan kata-kata atau teks tertulis. semua pertanyaan dan mampu menjelaskan dengan baik. (4) Subjek dengan Karakteristik Compliance mampu menyelesaikan satu aspek, yaitu aspek representasi visual berupa gambar, sedangkan pada apek persamaan atau ekspresi matematis, dan kata-kata atau teks tertulis peserta didik belum mampu menyelesaikan dengan baik.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/2497 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 7 No 2 (2021): Inspiramatika, December 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|