Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kecerdasan logis matematis tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Deket Tahun Pelajaran 2019/2020. Penentuan subjek tersebut berdasarkan hasil tes kecerdasan logis matematis. Instrumen yang diberikan kepada subjek penelitian berupa tes uraian yang terdiri dari 2 soal. Data yang digunakan adalah hasil tes dan hasil rekaman wawancara. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kecerdasan logis matematis tinggi menunjukkan bahwa siswa dapat memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, dan termasuk dalam TKBK 4 (sangat kritis); (2) kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kecerdasan logis matematis sedang menunjukkan bahwa siswa dapat memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan termasuk dalam TKBK 3 (kritis); (3) kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kecerdasan logis matematis rendah menunjukkan bahwa siswa dapat memenuhi satu indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi dan termasuk dalam TKBK 1 (kurang kritis).
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Personal Name |
Juwita, Rika Universitas Islam Darul ‘Ulum |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kecerdasan logis matematis tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Deket Tahun Pelajaran 2019/2020. Penentuan subjek tersebut berdasarkan hasil tes kecerdasan logis matematis. Instrumen yang diberikan kepada subjek penelitian berupa tes uraian yang terdiri dari 2 soal. Data yang digunakan adalah hasil tes dan hasil rekaman wawancara. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kecerdasan logis matematis tinggi menunjukkan bahwa siswa dapat memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, dan termasuk dalam TKBK 4 (sangat kritis); (2) kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kecerdasan logis matematis sedang menunjukkan bahwa siswa dapat memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan termasuk dalam TKBK 3 (kritis); (3) kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kecerdasan logis matematis rendah menunjukkan bahwa siswa dapat memenuhi satu indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi dan termasuk dalam TKBK 1 (kurang kritis).
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/2496 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 7 No 1 (2021): Inspiramatika, June 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|