Record Details

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kecerdasan logis matematis tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Deket Tahun Pelajaran 2019/2020. Penentuan subjek tersebut berdasarkan hasil tes kecerdasan logis matematis. Instrumen yang diberikan kepada subjek penelitian berupa tes uraian yang terdiri dari 2 soal. Data yang digunakan adalah hasil tes dan hasil rekaman wawancara. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kecerdasan logis matematis tinggi menunjukkan bahwa siswa dapat memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, dan termasuk dalam TKBK 4 (sangat kritis); (2) kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kecerdasan logis matematis sedang menunjukkan bahwa siswa dapat memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan termasuk dalam TKBK 3 (kritis); (3) kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kecerdasan logis matematis rendah menunjukkan bahwa siswa dapat memenuhi satu indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi dan termasuk dalam TKBK 1 (kurang kritis).

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Personal Name Juwita, Rika
Universitas Islam Darul ‘Ulum
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kecerdasan logis matematis tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Deket Tahun Pelajaran 2019/2020. Penentuan subjek tersebut berdasarkan hasil tes kecerdasan logis matematis. Instrumen yang diberikan kepada subjek penelitian berupa tes uraian yang terdiri dari 2 soal. Data yang digunakan adalah hasil tes dan hasil rekaman wawancara. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kecerdasan logis matematis tinggi menunjukkan bahwa siswa dapat memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, dan termasuk dalam TKBK 4 (sangat kritis); (2) kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kecerdasan logis matematis sedang menunjukkan bahwa siswa dapat memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan termasuk dalam TKBK 3 (kritis); (3) kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kecerdasan logis matematis rendah menunjukkan bahwa siswa dapat memenuhi satu indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi dan termasuk dalam TKBK 1 (kurang kritis).
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/2496
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 7 No 1 (2021): Inspiramatika, June 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##