Record Details

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses berpikir statistis siswa yang bergaya kognitif Field Independen (FI) dalam menyelesaikan masalah statistik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini dalah siswa kelas VI SDI Roushon Fikr. Penelitian dimulai dengan pemberian tes kemampuan awal dan Group Embedded Figure Test (GEFT) untuk mendapatkan dua subjek penelitian yang bergaya kognitif Field Independent (FI). Pengumpulan data dilakukan melalui kombinasi antara metode wawancara dengan analisis tugas tertulis. Analisis data mengikuti  prosedur mereduksi data, memaparkan data, menyimpulkan dan memverifikasi. Data dicek kevalidannya menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum subjek FI sudah memenuhi keempat indikator berpikir statistis yaitu mendeskripsikan sajian data , mengorganisasi dan mereduksi data, merepresentasikan data, menganalisis dan menafsirkan data. Kelemahannya adalah belum mampu membuat kesimpulan yang lengkap dari data yang diberikan.    

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Added Entry - Uncontrolled Name Qomariyah, Umi Nur
Dinarti, Siti
STKIP PGRI Jombang
STKIP PGRI Jombang
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses berpikir statistis siswa yang bergaya kognitif Field Independen (FI) dalam menyelesaikan masalah statistik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini dalah siswa kelas VI SDI Roushon Fikr. Penelitian dimulai dengan pemberian tes kemampuan awal dan Group Embedded Figure Test (GEFT) untuk mendapatkan dua subjek penelitian yang bergaya kognitif Field Independent (FI). Pengumpulan data dilakukan melalui kombinasi antara metode wawancara dengan analisis tugas tertulis. Analisis data mengikuti  prosedur mereduksi data, memaparkan data, menyimpulkan dan memverifikasi. Data dicek kevalidannya menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum subjek FI sudah memenuhi keempat indikator berpikir statistis yaitu mendeskripsikan sajian data , mengorganisasi dan mereduksi data, merepresentasikan data, menganalisis dan menafsirkan data. Kelemahannya adalah belum mampu membuat kesimpulan yang lengkap dari data yang diberikan.    
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/2469
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 7 No 1 (2021): Inspiramatika, June 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##