Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses berpikir statistis siswa yang bergaya kognitif Field Independen (FI) dalam menyelesaikan masalah statistik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini dalah siswa kelas VI SDI Roushon Fikr. Penelitian dimulai dengan pemberian tes kemampuan awal dan Group Embedded Figure Test (GEFT) untuk mendapatkan dua subjek penelitian yang bergaya kognitif Field Independent (FI). Pengumpulan data dilakukan melalui kombinasi antara metode wawancara dengan analisis tugas tertulis. Analisis data mengikuti prosedur mereduksi data, memaparkan data, menyimpulkan dan memverifikasi. Data dicek kevalidannya menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum subjek FI sudah memenuhi keempat indikator berpikir statistis yaitu mendeskripsikan sajian data , mengorganisasi dan mereduksi data, merepresentasikan data, menganalisis dan menafsirkan data. Kelemahannya adalah belum mampu membuat kesimpulan yang lengkap dari data yang diberikan.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Qomariyah, Umi Nur Dinarti, Siti STKIP PGRI Jombang STKIP PGRI Jombang |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses berpikir statistis siswa yang bergaya kognitif Field Independen (FI) dalam menyelesaikan masalah statistik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini dalah siswa kelas VI SDI Roushon Fikr. Penelitian dimulai dengan pemberian tes kemampuan awal dan Group Embedded Figure Test (GEFT) untuk mendapatkan dua subjek penelitian yang bergaya kognitif Field Independent (FI). Pengumpulan data dilakukan melalui kombinasi antara metode wawancara dengan analisis tugas tertulis. Analisis data mengikuti prosedur mereduksi data, memaparkan data, menyimpulkan dan memverifikasi. Data dicek kevalidannya menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum subjek FI sudah memenuhi keempat indikator berpikir statistis yaitu mendeskripsikan sajian data , mengorganisasi dan mereduksi data, merepresentasikan data, menganalisis dan menafsirkan data. Kelemahannya adalah belum mampu membuat kesimpulan yang lengkap dari data yang diberikan.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/2469 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 7 No 1 (2021): Inspiramatika, June 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|