Record Details

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengetahui profil kemampuan penalaran induktif yang dapat diperoleh sesuai dengan kemampuan siswa. Kemampuan penalaran induktif siswa perlu dikembangkan untuk memberikan pengalaman dalam membuktikan suatu teorema yang sering ditemukan dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X MA Sunan Ampel Kebet Lamongan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dan wawancara. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menjelaskan jawaban, siswa masih menggunakan argument mereka sendiri. Untuk generalisasi rumus, siswa dapat menemukan rumus umum dan belum mampu menemukan jawaban akhir. Siswa belum mampu menjelaskan kembali maksud dari masalah tersebut dengan lengkap, baik informasi yang diberikan dan yang ditanyakan pada soal. Tetapi, siswa mampu membandingkan kesesuaian informasi yang diperoleh dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Added Entry - Uncontrolled Name Lestari, Ayu
Shodikin, Ali
Universitas Islam Darul Ulum lamongan
Universitas Islam Darul ‘Ulum
 
Summary, etc. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengetahui profil kemampuan penalaran induktif yang dapat diperoleh sesuai dengan kemampuan siswa. Kemampuan penalaran induktif siswa perlu dikembangkan untuk memberikan pengalaman dalam membuktikan suatu teorema yang sering ditemukan dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X MA Sunan Ampel Kebet Lamongan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dan wawancara. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menjelaskan jawaban, siswa masih menggunakan argument mereka sendiri. Untuk generalisasi rumus, siswa dapat menemukan rumus umum dan belum mampu menemukan jawaban akhir. Siswa belum mampu menjelaskan kembali maksud dari masalah tersebut dengan lengkap, baik informasi yang diberikan dan yang ditanyakan pada soal. Tetapi, siswa mampu membandingkan kesesuaian informasi yang diperoleh dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/2183
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 7 No 1 (2021): Inspiramatika, June 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##