ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengetahui profil kemampuan penalaran induktif yang dapat diperoleh sesuai dengan kemampuan siswa. Kemampuan penalaran induktif siswa perlu dikembangkan untuk memberikan pengalaman dalam membuktikan suatu teorema yang sering ditemukan dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X MA Sunan Ampel Kebet Lamongan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dan wawancara. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menjelaskan jawaban, siswa masih menggunakan argument mereka sendiri. Untuk generalisasi rumus, siswa dapat menemukan rumus umum dan belum mampu menemukan jawaban akhir. Siswa belum mampu menjelaskan kembali maksud dari masalah tersebut dengan lengkap, baik informasi yang diberikan dan yang ditanyakan pada soal. Tetapi, siswa mampu membandingkan kesesuaian informasi yang diperoleh dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Lestari, Ayu Shodikin, Ali Universitas Islam Darul Ulum lamongan Universitas Islam Darul ‘Ulum |
|
Summary, etc. |
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengetahui profil kemampuan penalaran induktif yang dapat diperoleh sesuai dengan kemampuan siswa. Kemampuan penalaran induktif siswa perlu dikembangkan untuk memberikan pengalaman dalam membuktikan suatu teorema yang sering ditemukan dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X MA Sunan Ampel Kebet Lamongan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dan wawancara. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menjelaskan jawaban, siswa masih menggunakan argument mereka sendiri. Untuk generalisasi rumus, siswa dapat menemukan rumus umum dan belum mampu menemukan jawaban akhir. Siswa belum mampu menjelaskan kembali maksud dari masalah tersebut dengan lengkap, baik informasi yang diberikan dan yang ditanyakan pada soal. Tetapi, siswa mampu membandingkan kesesuaian informasi yang diperoleh dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/2183 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 7 No 1 (2021): Inspiramatika, June 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|