Record Details

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan taksonomi SOLO. Adapun pemahaman konsep siswa yang dianalisis yaitu (1) menyatakan ulang konsep, (2) mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu, (3) menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu, (4) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, (5) memberikan contoh dan non contoh dari suatu konsep, (6) mengembangkan syarat perlu atau cukup dari suatu konsep, (7) mengaplikasikan konsep atau logaritma dalam pemecahan masalah. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa MTs Model A’isyatul Wahidah kelas VIII yang terbagi dalam 3 level yaitu unistructural, multistructural dan relational. Soal yang diberikan berupa 2 soal essay (uraian) yang memenuhi indikator HOTS dan pemahaman konsep. Dari tes ini dapat dilihat indikator-indikator dari pemahaman konsep. Setiap data yang diperoleh dianalisis dalam bentuk deskriptif.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Added Entry - Uncontrolled Name Rohman, Auliyau
Faridah, Luluk
Aini, Khafidhoh Nurul
Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan
Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan
Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan taksonomi SOLO. Adapun pemahaman konsep siswa yang dianalisis yaitu (1) menyatakan ulang konsep, (2) mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu, (3) menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu, (4) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, (5) memberikan contoh dan non contoh dari suatu konsep, (6) mengembangkan syarat perlu atau cukup dari suatu konsep, (7) mengaplikasikan konsep atau logaritma dalam pemecahan masalah. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa MTs Model A’isyatul Wahidah kelas VIII yang terbagi dalam 3 level yaitu unistructural, multistructural dan relational. Soal yang diberikan berupa 2 soal essay (uraian) yang memenuhi indikator HOTS dan pemahaman konsep. Dari tes ini dapat dilihat indikator-indikator dari pemahaman konsep. Setiap data yang diperoleh dianalisis dalam bentuk deskriptif.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/2137
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 6 No 2 (2020): Inspiramatika, December 2020
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##