Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan disposisi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan dan deret melalui model pembelajaran LAPS Heuristik berbantuan WhatsApp Messenger. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan angket. Penelitian dilakukan dengan memberikan 4 butir soal pretes dan postes mengenai penyelesain masalah barisan dan deret serta angket disposisi amtematis pada awal dan akhir penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji normalitas, Uji homogenitas dan uji perbedaan rata-rata. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) ada perbedaan pencapaian hasil belajar dan disposisi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita barisan dan deret melalui pembelajaran LAPS Heuristik berbantuan WhatsApp dengan pembelajaran kovensional; (2) ada perbedaan peningkatan hasil belajar dan disposisi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita barisan dan deret melalui model pembelajaran LAPS Heuristik berbantuan aplikasi WhatsApp.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Safitri, Rika Nur Shodikin, Ali Asmana, Arezqi Tunggal Universitas Islam Darul ‘Ulum Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan https://orcid.org/0000-0002-4398-3380 |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan disposisi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan dan deret melalui model pembelajaran LAPS Heuristik berbantuan WhatsApp Messenger. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan angket. Penelitian dilakukan dengan memberikan 4 butir soal pretes dan postes mengenai penyelesain masalah barisan dan deret serta angket disposisi amtematis pada awal dan akhir penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji normalitas, Uji homogenitas dan uji perbedaan rata-rata. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) ada perbedaan pencapaian hasil belajar dan disposisi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita barisan dan deret melalui pembelajaran LAPS Heuristik berbantuan WhatsApp dengan pembelajaran kovensional; (2) ada perbedaan peningkatan hasil belajar dan disposisi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita barisan dan deret melalui model pembelajaran LAPS Heuristik berbantuan aplikasi WhatsApp.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/2125 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 6 No 2 (2020): Inspiramatika, December 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|