Record Details

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan disposisi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan dan deret melalui model pembelajaran LAPS Heuristik berbantuan WhatsApp Messenger. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.  Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan angket. Penelitian dilakukan dengan memberikan 4 butir soal pretes dan postes mengenai penyelesain masalah barisan dan deret serta angket disposisi amtematis pada awal dan akhir penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji normalitas, Uji homogenitas dan uji perbedaan rata-rata. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) ada perbedaan pencapaian hasil belajar dan disposisi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita barisan dan deret melalui pembelajaran LAPS Heuristik berbantuan WhatsApp dengan pembelajaran kovensional; (2) ada perbedaan peningkatan hasil belajar dan disposisi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita barisan dan deret melalui model pembelajaran LAPS Heuristik berbantuan aplikasi WhatsApp.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Added Entry - Uncontrolled Name Safitri, Rika Nur
Shodikin, Ali
Asmana, Arezqi Tunggal
Universitas Islam Darul ‘Ulum
Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan
Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan
https://orcid.org/0000-0002-4398-3380
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan disposisi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan dan deret melalui model pembelajaran LAPS Heuristik berbantuan WhatsApp Messenger. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.  Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan angket. Penelitian dilakukan dengan memberikan 4 butir soal pretes dan postes mengenai penyelesain masalah barisan dan deret serta angket disposisi amtematis pada awal dan akhir penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji normalitas, Uji homogenitas dan uji perbedaan rata-rata. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) ada perbedaan pencapaian hasil belajar dan disposisi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita barisan dan deret melalui pembelajaran LAPS Heuristik berbantuan WhatsApp dengan pembelajaran kovensional; (2) ada perbedaan peningkatan hasil belajar dan disposisi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita barisan dan deret melalui model pembelajaran LAPS Heuristik berbantuan aplikasi WhatsApp.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/2125
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 6 No 2 (2020): Inspiramatika, December 2020
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##