Record Details

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis dalam menyelesaikan soal pada materi  kubus dan balok ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.  Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan angket. Penelitian dilakukan dengan memberikan 2 butir soal tes tulis mengenai penyelesain masalah kubus dan balok serta angket tes gaya kognitif field independent dan field dependent pada awal dan akhir penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan melakukan penarikan kesimpulan (conclusion/verification). Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) hasil tes soal penalaran matematis siswa dengan gaya kognitif field independent pada materi kubus dan balok mampu melalui 4 indikator lebih baik dibanding siswa dengan gaya kognitif field dependent (2) hasil tes soal penalaran matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent pada materi kubus dan balok hanya mampu melalui 2 indikator lebih rendah dibanding siswa dengan gaya kognitif field independent.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Added Entry - Uncontrolled Name Mustofah, Mustofah
Shodikin, Ali
Rohim, Abdur
Universitas Islam Darul ‘Ulum
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis dalam menyelesaikan soal pada materi  kubus dan balok ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.  Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan angket. Penelitian dilakukan dengan memberikan 2 butir soal tes tulis mengenai penyelesain masalah kubus dan balok serta angket tes gaya kognitif field independent dan field dependent pada awal dan akhir penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan melakukan penarikan kesimpulan (conclusion/verification). Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) hasil tes soal penalaran matematis siswa dengan gaya kognitif field independent pada materi kubus dan balok mampu melalui 4 indikator lebih baik dibanding siswa dengan gaya kognitif field dependent (2) hasil tes soal penalaran matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent pada materi kubus dan balok hanya mampu melalui 2 indikator lebih rendah dibanding siswa dengan gaya kognitif field independent.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/2040
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 6 No 1 (2020): Inspiramatika, June 2020
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##