Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis dalam menyelesaikan soal pada materi kubus dan balok ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan angket. Penelitian dilakukan dengan memberikan 2 butir soal tes tulis mengenai penyelesain masalah kubus dan balok serta angket tes gaya kognitif field independent dan field dependent pada awal dan akhir penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan melakukan penarikan kesimpulan (conclusion/verification). Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) hasil tes soal penalaran matematis siswa dengan gaya kognitif field independent pada materi kubus dan balok mampu melalui 4 indikator lebih baik dibanding siswa dengan gaya kognitif field dependent (2) hasil tes soal penalaran matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent pada materi kubus dan balok hanya mampu melalui 2 indikator lebih rendah dibanding siswa dengan gaya kognitif field independent.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Mustofah, Mustofah Shodikin, Ali Rohim, Abdur Universitas Islam Darul ‘Ulum |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis dalam menyelesaikan soal pada materi kubus dan balok ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan angket. Penelitian dilakukan dengan memberikan 2 butir soal tes tulis mengenai penyelesain masalah kubus dan balok serta angket tes gaya kognitif field independent dan field dependent pada awal dan akhir penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan melakukan penarikan kesimpulan (conclusion/verification). Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) hasil tes soal penalaran matematis siswa dengan gaya kognitif field independent pada materi kubus dan balok mampu melalui 4 indikator lebih baik dibanding siswa dengan gaya kognitif field dependent (2) hasil tes soal penalaran matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent pada materi kubus dan balok hanya mampu melalui 2 indikator lebih rendah dibanding siswa dengan gaya kognitif field independent.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/2040 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 6 No 1 (2020): Inspiramatika, June 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|