Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan serta pemberian scaffolding yang tepat digunakan siswa dalam menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan dengan metode jarimatika. Adapun kesulitan siswa yang dianalisis dalam bentuk kesalahan fakta, kesalahan operasi, dan kesalahan prinsip serta bentuk scaffolding yang dilakukan yaitu explaining, reviewing, dan restructuring. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas I SDN Sumurber. Instrumen dalam penelitian adalah tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) kesalahan fakta siswa masih kesulitan dalam mengoperasikan jari tangan, (2) kesalahan operasi dimana masih banyak siswa yang masih kesulitan dalam melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan jarimatika, (3) dan kesalahan prinsip terjadi pada beberapa siswa yang lebih suka menghitung dengan angan-angan dan tergesa-gesa. Scafolding yang diberikan diantaranya explaining, reviewing, dan restructuring.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Hamidah, Siti Daiyatul Shodikin, Ali Amiroch, Siti Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan serta pemberian scaffolding yang tepat digunakan siswa dalam menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan dengan metode jarimatika. Adapun kesulitan siswa yang dianalisis dalam bentuk kesalahan fakta, kesalahan operasi, dan kesalahan prinsip serta bentuk scaffolding yang dilakukan yaitu explaining, reviewing, dan restructuring. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas I SDN Sumurber. Instrumen dalam penelitian adalah tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) kesalahan fakta siswa masih kesulitan dalam mengoperasikan jari tangan, (2) kesalahan operasi dimana masih banyak siswa yang masih kesulitan dalam melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan jarimatika, (3) dan kesalahan prinsip terjadi pada beberapa siswa yang lebih suka menghitung dengan angan-angan dan tergesa-gesa. Scafolding yang diberikan diantaranya explaining, reviewing, dan restructuring.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/1752 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 5 No 2 (2019): Inspiramatika, December 2019 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|