Record Details

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan serta pemberian scaffolding yang tepat digunakan siswa dalam menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan dengan metode jarimatika. Adapun kesulitan siswa yang dianalisis dalam bentuk kesalahan fakta, kesalahan operasi, dan kesalahan prinsip serta bentuk scaffolding yang dilakukan yaitu explaining, reviewing, dan restructuring. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas I SDN Sumurber. Instrumen dalam penelitian adalah tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) kesalahan fakta siswa masih kesulitan dalam mengoperasikan jari tangan, (2) kesalahan operasi dimana masih banyak siswa yang masih kesulitan dalam melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan jarimatika, (3) dan kesalahan prinsip terjadi pada beberapa siswa yang lebih suka menghitung dengan angan-angan dan tergesa-gesa. Scafolding yang diberikan diantaranya explaining, reviewing, dan restructuring.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Added Entry - Uncontrolled Name Hamidah, Siti Daiyatul
Shodikin, Ali
Amiroch, Siti
Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan
Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan
Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan serta pemberian scaffolding yang tepat digunakan siswa dalam menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan dengan metode jarimatika. Adapun kesulitan siswa yang dianalisis dalam bentuk kesalahan fakta, kesalahan operasi, dan kesalahan prinsip serta bentuk scaffolding yang dilakukan yaitu explaining, reviewing, dan restructuring. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas I SDN Sumurber. Instrumen dalam penelitian adalah tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) kesalahan fakta siswa masih kesulitan dalam mengoperasikan jari tangan, (2) kesalahan operasi dimana masih banyak siswa yang masih kesulitan dalam melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan jarimatika, (3) dan kesalahan prinsip terjadi pada beberapa siswa yang lebih suka menghitung dengan angan-angan dan tergesa-gesa. Scafolding yang diberikan diantaranya explaining, reviewing, dan restructuring.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/1752
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 5 No 2 (2019): Inspiramatika, December 2019
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##