Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematik dan rasa ingin tahu siswa antara yang mengikuti pembelajaran Kontekstual Berbantuan Hands On Activity dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada materi peluang di kelas VIII SMPN 1 Karanggeneng. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji t terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik, maka di peroleh untuk mengetahui nilai t tabel dengan derajat kebebasan (dk) = 62 dengan taraf signifikansi 5%, dari hasil perhitungan di dapat nilai = 1,99. Dengan membandingkan dan , maka > (5,38 > 1,99), ini berarti di tolak dan di terima, sedangkan sikap rasa ingin tahu siswa dapat dilihat dari perhitungan dengan menggunakan uji t–test maka diperoleh dengan derajat kebebasan dengan taraf signifikansi 5% adalah 1,99. Hasil perhitungan t dengan taraf signifikansi 5% dinyatakan signifikan bahwa Ini berarti ditolak dan di terima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kontekstual Berbantuan Hands On Activity memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik dan rasa ingin tahu siswa.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Listriani, Niken Dwi Aini, Khafidhoh Nurul Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematik dan rasa ingin tahu siswa antara yang mengikuti pembelajaran Kontekstual Berbantuan Hands On Activity dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada materi peluang di kelas VIII SMPN 1 Karanggeneng. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji t terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik, maka di peroleh untuk mengetahui nilai t tabel dengan derajat kebebasan (dk) = 62 dengan taraf signifikansi 5%, dari hasil perhitungan di dapat nilai = 1,99. Dengan membandingkan dan , maka > (5,38 > 1,99), ini berarti di tolak dan di terima, sedangkan sikap rasa ingin tahu siswa dapat dilihat dari perhitungan dengan menggunakan uji t–test maka diperoleh dengan derajat kebebasan dengan taraf signifikansi 5% adalah 1,99. Hasil perhitungan t dengan taraf signifikansi 5% dinyatakan signifikan bahwa Ini berarti ditolak dan di terima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kontekstual Berbantuan Hands On Activity memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik dan rasa ingin tahu siswa.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/1750 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 5 No 1 (2019): Inspiramatika, June 2019 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|