Record Details

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematik dan rasa ingin tahu siswa antara yang mengikuti pembelajaran Kontekstual Berbantuan Hands On Activity dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada materi peluang di kelas VIII SMPN 1 Karanggeneng. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji t terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik, maka di peroleh  untuk mengetahui nilai t tabel dengan derajat kebebasan (dk) = 62 dengan taraf signifikansi 5%, dari hasil perhitungan di dapat nilai  = 1,99. Dengan membandingkan dan , maka >  (5,38 > 1,99), ini berarti   di tolak dan  di terima, sedangkan sikap rasa ingin tahu siswa dapat dilihat dari perhitungan dengan menggunakan uji t–test maka diperoleh  dengan derajat kebebasan dengan taraf signifikansi 5% adalah 1,99. Hasil perhitungan t dengan taraf signifikansi 5% dinyatakan signifikan bahwa  Ini berarti    ditolak dan  di terima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kontekstual Berbantuan Hands On Activity memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik dan rasa ingin tahu siswa.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Added Entry - Uncontrolled Name Listriani, Niken Dwi
Aini, Khafidhoh Nurul
Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan
Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematik dan rasa ingin tahu siswa antara yang mengikuti pembelajaran Kontekstual Berbantuan Hands On Activity dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada materi peluang di kelas VIII SMPN 1 Karanggeneng. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji t terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik, maka di peroleh  untuk mengetahui nilai t tabel dengan derajat kebebasan (dk) = 62 dengan taraf signifikansi 5%, dari hasil perhitungan di dapat nilai  = 1,99. Dengan membandingkan dan , maka >  (5,38 > 1,99), ini berarti   di tolak dan  di terima, sedangkan sikap rasa ingin tahu siswa dapat dilihat dari perhitungan dengan menggunakan uji t–test maka diperoleh  dengan derajat kebebasan dengan taraf signifikansi 5% adalah 1,99. Hasil perhitungan t dengan taraf signifikansi 5% dinyatakan signifikan bahwa  Ini berarti    ditolak dan  di terima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kontekstual Berbantuan Hands On Activity memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik dan rasa ingin tahu siswa.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/1750
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 5 No 1 (2019): Inspiramatika, June 2019
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##